Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Keren! Pacuan Kuda Ala Koboi di Pedalaman Atambua

    Share

    online

    452
    27.08.09

    Keren! Pacuan Kuda Ala Koboi di Pedalaman Atambua

    Post  online on Thu Oct 31, 2013 7:39 am


    Pacuan kuda di Desa Tniumanu, NTT

    Kuda-kuda berderet di lintasan. Para joki, semuanya anak laki-laki, siaga di punggung kuda tanpa pelana. Pacuan kuda ala koboi ini bukan di AS, melainkan di pedalaman Atambua, Nusa Tenggara Timur.

    Mobil berbelok dari jalan besar tak jauh dari Kota Atambua. Hari itu saya bersama rombongan Kemenparekraf bertolak ke Desa Tniumanu, tempat digelarnya pacuan kuda yang digelar rutin tiap tahun.

    Desa itu rupanya cukup jauh dari jalan utama penghubung Kabupaten Belu dan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Jalan aspal perlahan berganti dengan tanah.

    Lanskap gersang mendominasi pandangan. Hanya ada beberapa rumah dan sapi yang sedang memamah biak. Hingga akhirnya ujung jalan pun tampak. Kami sontak ternganga.

    Di depan kami membentang lintasan pacuan kuda, sangat luas, di tengah lanskap gersang. Tribun penonton tampak mungil dari sini. Mobil pun melaju perlahan di luar lintasan.

    Waktu itu hampir pukul 12.00 Wita. Matahari bersinar sangat terik, namun pengunjung yang datang tak bisa dibilang sedikit. Tua-muda, pria-wanita sudah berkumpul di tribun. Kebetulan, pacuan kuda baru akan dimulai.

    "Pacuan ini ada sejak lama, digelar seminggu tiap tahun. Biasanya setelah 17 Agustus-an," tutur Alex Un yang mengurus pacuan kuda Desa Tniumanu sejak 1986.


    Ada 140 kuda yang berlomba hari itu. Mereka berasal dari berbagai daerah di Pulau Timor


    Joki tiap kuda adalah anak laki-laki. Mereka menunggang kuda tanpa mengenakan pelana


    Tribun dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah


    Pacuan kuda di Desa Tniumanu digelar 1 minggu tiap tahun

    Hari itu, ada 120 kuda yang jadi peserta. Ada yang dari Kupang, Kabupaten Belu, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), juga Timor Leste. Tak sedikit peserta dari Bumi Lorosae yang mengikuti pacuan kuda ini.

    Pacuan dimulai tepat pukul 12.00 Wita. Ada 14 babak hari itu, dengan panjang lintasan yang berbeda sesuai tinggi kuda. Alex memaparkan, kuda dengan tinggi 140-170 cm berlomba di lintasan 600 meter. Kuda-kuda setinggi 180-190 meter berlomba di lintasan 800 meter.

    "(Kuda) yang tingginya mencapai 2 meter, lintasannya 1 Km. Ini berarti mengelilingi 1 lintasan penuh," tambahnya.

    Nama kuda dipanggil satu per satu. Ada yang namanya Princess, Gadis Mata-mata, ada juga yang bernama Salah Sangka. Bersama pelepas masing-masing, kuda-kuda ini menuju garis start. Pelepas biasanya adalah pemilik kuda, sedangkan joki adalah anak laki-laki mereka. Ini adalah tradisi turun-temurun pacuan kuda di Pulau Timor.

    Anak-anak pemberani itu lalu naik ke punggung kuda, tanpa pelana. Usai hitung mundur, kuda pun mulai berlari. Pemenang masing-masing babak akan menuju final keesokan harinya.

    hadiah\' untuk pemenangnya? Tak banyak, sekitar Rp 750.000 untuk juara pertama. Namun rasa bangga itu cukup untuk diwariskan ke keturunan mereka selanjutnya.

    "Yang menang pacuan kuda berarti paling tangguh dibanding semua yang tangguh. Di sini, kuda sama pentingnya dengan keluarga sendiri. Kuda dan joki yang tangguh, berarti keduanya dididik dengan baik," tutur Alex.


      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 10:41 pm