Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Olahraga Mata untuk yang Sering Terlalu Lama di Depan Komputer

    Share

    putri

    46
    27.06.11

    Olahraga Mata untuk yang Sering Terlalu Lama di Depan Komputer

    Post  putri on Mon Nov 04, 2013 6:06 am


    Menatap layar komputer terlalu lama tanpa istirahat atau membaca dengan penerangan yang redup bisa membuat syaraf mata menegang dan lelah. Sebab pupil akan membesar agar cahaya lebih banyak masuk ke mata Anda.

    Jika mata terlalu sering tegang, bisa menyebabkan sakit kepala tak tertahankan, kelelahan, pandangan kabur dan kehilangan kemampuan untuk fokus pada suatu objek. Salah satu penyebab paling umum terjadinya ketegangan mata adalah menatap layar perangkat digital seperti komputer, smartphone, tablet atau video. Ketegangan mata akibat perangkat elektronik digital dikenal dengan computer vision syndrome dan itu terjadi pada 50-90 persen karyawan yang sehari-harinya bekerja di depan komputer.

    Paparan cahaya komputer yang terlalu sering dan ekstrem memberi dampak buruk pada mata. Selain itu aktivitas yang membuat mata jarang berkedip, seperti membaca novel atau menonton TV juga bisa mengakibatkan kelelahan dan kekeringan pada mata. Untuk mengatasinya, atau paling tidak meminimalisir ketegangan mata maka perlu dilakukan olahraga mata.

    Menurut dokter bedah mata Dr Keiki Mehta, olahraga mata bisa membantu kemampuan mekanik dan optik mata. "Latihan meningkatkan kestabilan mekanik dari mata dengan mengoordinasikan dan menguatkan otot mata, sehingga meningkatkan kemampuan mata untuk fokus," ujar Dr Keiki, seperti dikutip dari Times of India.

    Olahraga mata juga meningkatkan kemampuan optikal mata, yaitu koordinasi antara mata kiri dan kanan. Kemampuan optikal yang bagus memungkinkan mata untuk menangkap gambar tiga dimensi lebih akurat.

    Perlu diingat, olahraga mata ini tidak serta\' merta menyembuhkan gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat atau silinder. Latihan ini penting dilakukan untuk mendapatkan mata yang lebih sehat, tidak tegang dan tak mudah lelah. Olahraga mata juga bisa menguatkan mata sehingga risiko menderita gangguan mata berkurang.

    Dr Keiki menjelaskan tiga langkah mudah untuk melakukan olahraga mata, berikut ini:

    1. Putar
    Putarlah bola mata searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam secara bergantian. Lakukan setiap 30 menit selama lima menit. Olahraga ini diperlukan jika Anda menatap layar komputer atau belajar terlalu lama.

    2. Palming
    Pejamkan mata, lalu tutupi mata dengan kepalan tangan. Tekan sedikit dengan kepalan tersebut tapi jangan terlalu keras. Gerakan ini akan menenangkan mata yang lelah.

    3. Fokus
    Fokuskan penglihatan pada objek yang jaraknya jauh dari Anda selama 30 detik. Jaga terus fokus Anda, lalu berkediplan dengan cepat beberapa kali. Setelah itu fokuskan melihat objek yang lebih dekat sekitar 15 detik. Jaga mata tetap fokus, lalu berkediplah dengan cepat beberapa kali. Lakukan latihan ini sebanyak 10 kali agar mata tidak tegang sekaligus menguatkan otot mata.


      Waktu sekarang Sat Dec 10, 2016 11:33 pm