Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Ini Manfaat Luar Biasa dari Tidur Ekstra Satu Jam Saja

    Share

    putri

    46
    27.06.11

    Ini Manfaat Luar Biasa dari Tidur Ekstra Satu Jam Saja

    Post  putri on Wed Nov 06, 2013 5:51 am


    Kurang tidur berdampak pada banyak hal, mulai dari mudah lapar, produktivitas menurun, hingga kecelakaan saat kerja ataupun di perjalanan. Untuk itu dikatakan menambah waktu tidur ekstra sebanyak satu jam saja ditengarai dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan.

    Tips ini tentu berguna, terutama bagi orang-orang yang kekurangan jam tidur dan hanya bisa 'melampiaskan' tidurnya di akhir pekan atau saat libur. Berikut manfaat menambahkan waktu tidur sebanyak satu jam saja, seperti halnya dilansir Huffingtonpost .

    1. Mengaktifkan gen pelindung
    Dalam sebuah percobaan kecil yang dilakukan sekelompok jurnalis dari BBC, mereka membagi beberapa orang sukarelawan ke dalam dua kelompok. Selama seminggu, satu kelompok diminta tidur selama 6,5 jam di malam hari sedangkan kelompok lainnya diminta tidur selama 7,5 jam.

    Kemudian di minggu kedua, 'tugas' tidur kedua kelompok ditukar dan peneliti mengambil sampel darah partisipan dan meminta mereka mengerjakan tes kognitif. Dari sampel darah tersebut terungkap bahwa sekitar 500 gen akan 'menyala' atau 'mati' karena penambahan jam tidur itu menjadi lebih baik. Perubahan ekspresi genetik tersebut membantu orang yang bersangkutan terlindung dari penyakit seperti diabetes, kanker, peradangan maupun stres.

    2. Meningkatkan performa saat berolahraga
    Tampaknya sebelum menghadapi pertandingan besar, kunci utama yang harus didapatkan seorang atlet bukanlah banyak latihan, tapi perbanyak tidur. Sebuah riset telah membuktikan penambahan waktu tidur sebanyak satu jam saja dapat meningkatkan performa atletik. Bahkan manfaatnya akan lebih terasa jika penambahan waktu tidur itu dijadikan rutinitas.

    3. Menjaga kesehatan jantung
    Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2008 menunjukkan orang dewasa yang tidur tujuh jam dalam semalam berisiko 33 persen lebih rendah untuk mengalami penumpukan kalsium di dalam arterinya, dibandingkan orang dewasa yang hanya tidur enam jam semalam.

    Yang paling penting, menurut Health.com, menambah waktu tidur sebanyak satu jam juga menurunkan tekanan darah sistolik (tekanan darah ketika otot jantung tengah berkontraksi) hingga 16 poin.

    Bahkan studi lain pada tahun 2012 menemukan orang-orang yang jam tidurnya pendek dan mengidap hipertensi atau pra-hipertensi juga bisa mengalami penurunan tekanan darah hanya dengan menambah waktu tidur malamnya sebanyak satu jam.

    4. Daya ingat membaik
    Mengurangi jam tidur telah lama diketahui mencegah seseorang mencapai tahapan 'rapid eye movement (REM)' dalam tidurnya atau deep sleep. REM biasanya terjadi sekitar 90 menit setelah seseorang tertidur dan kemudian setiap 90 menit sesudahnya, dan kondisi ini terjadi selama semalaman.

    Orang yang biasanya bisa bangun sendiri tanpa perlu memakai alarm biasanya telah mencapai tahapan REM ini. Sebaliknya orang yang perlu memakai alarm agar bisa bangun pagi mempunyai sedikit kelemahan dalam hal daya ingat.

    Mengapa bisa begitu? Menurut pakar, pada saat terjadi tahapan REM dalam tidur itulah, otak seseorang tengah gencar-gencarnya melakukan proses pembelajaran dan penguatan daya ingat.



      Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 9:03 am