Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Studi: Apel Sama Ampuhnya dengan Obat Penurun Kolesterol

    Share

    erlita

    20
    28.08.11

    Studi: Apel Sama Ampuhnya dengan Obat Penurun Kolesterol

    Post  erlita on Wed Dec 18, 2013 8:11 pm


    Pepatah bijak mengatakan, "An apple a day keeps the doctor away". Ternyata pepatah itu benar adanya. Para peneliti dari Universitas Oxford telah membuktikannya!

    Para peneliti dari Universitas Oxford menyarankan para lansia di atas lima puluh tahun untuk rutin mengonsumsi apel. Sebab apel dapat mencegah serangan jantung dan bekerja seefektif statin, atau obat penurun kadar kolesterol.

    Dalam risetnya, para peneliti tersebut menggunakan model matematika untuk menentukan berapa besar manfaat konsumsi apel harian untuk para lansia. Mereka juga membandingkan besarnya manfaat apel dan statin dalam mencegah serangan jantung.

    Lantas, apakah benar apel seampuh statin? Para peneliti yakin, iya. Ini dia hasil perhitungan para peneliti.

    Jika 17,6 juta orang dewasa di Inggris mengonsumsi statin, kematian karena serangan jantung dapat berkurang hingga 9.400 kasus. Namun, konsumsi statin dapat meningkatkan risiko gangguan otot dan diabetes. Sedangkan jika 22 juta manula di Inggris rutin mengonsumsi apel, kematian karena penyakit jantung dapat berkurang hingga 8.500 kasus. Itulah mengapa peneliti yakin perlindungan kesehatan dari buah apel sama ampuhnya dengan perlindungan yang diberikan oleh statin.

    Tim peneliti itu juga menggunakan perhitungan matematis untuk menghitung manfaat konsumsi buah dan sayur bagi kesehatan. Ternyata tambahan satu porsi buah dan sayur seperti apel dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke hingga 12 persen.

    "Kaum Victoria benar ketika mereka mengatakan 'an apple a day keeps the doctor away', " ujar Dr Adam Briggs dari British Heart Foundation Health Promotion Research Group sebagaimana dilansir Daily Mail.

    "Pepatah itu menunjukkan betapa efektifnya perubahan kecil pada pola makan terhadap kondisi kesehatan. Obat dan gaya hidup sehat benar-benar menunjukkan perbedaan dalam mencegah penyakit jantung dan stroke," tambahnya.

    Semakin banyak porsi buah dan sayur yang dikonsumsi, semakin jauh juga risiko kematian karena penyakit jantung. Menurunkan kolesterol dengan meminum obat-obatan teretentu memang ampuh. Tetapi, akan lebih baik lagi jika melakukan diet seimbang.



      Waktu sekarang Tue Dec 06, 2016 3:33 am