Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Tak Melulu TV, Gadget atau Kopi, 9 Hal Ini Juga Bisa Bikin Insomnia

    Share

    online

    452
    27.08.09

    Tak Melulu TV, Gadget atau Kopi, 9 Hal Ini Juga Bisa Bikin Insomnia

    Post  online on Wed Jan 01, 2014 12:34 am


    Menonton televisi, minum kopi dan olahraga adalah tiga aktivitas utama yang dipastikan dapat mengganggu pola tidur seseorang. Tetapi nyatanya ada juga orang-orang yang sudah menghindari ketiganya, namun tetap saja susah tidur. Kenapa ya?

    Berikut 9 hal tak terduga yang ternyata dapat mengganggu tidur atau membuat seseorang mengalami insomnia, seperti dikutip dari Huffingtonpost.

    1. Makan tak teratur
    Meski jadwal makan sudah diatur sedemikian rupa, tapi jika Anda masih suka ngemil di tengah malam selama beberapa minggu maka bukan hanya diet Anda saja yang akan berantakan, melainkan juga pola tidur Anda.

    Beberapa studi menunjukkan kebiasaan makan yang tak konsisten tersebut dapat memberikan pengaruh negatif terhadap pola tidur seseorang. Misal menyebabkan insomnia.

    2. Aroma peppermint di pasta gigi
    Menggosok gigi sebelum tidur itu tak boleh dilupakan, namun tampaknya temuan ini harus memaksa Anda untuk berganti pasta gigi, setidaknya yang aromanya bukan peppermint.

    Sebuah studi menemukan aroma peppermint (yang banyak terkandung dalam pasta gigi) dapat merangsang otak sehingga membuat orang yang menghirupnya malah terjaga. Cobalah pasta gigi rasa buah atau permen karet.

    3. Baca buku 'berat'
    Seperti halnya menonton TV, membaca buku sebelum tidur juga berakibat buruk pada pola tidur seseorang. Pasalnya membaca buku tergolong ke dalam aktivitas yang menimbulkan perubahan emosi atau semisal memicu pembacanya untuk berpikir keras, dan ini terbukti membuat kualitas tidur orang yang melakukannya menjadi rendah.

    Bila memang suka membaca, cari saja harian olahraga atau majalah hiburan yang lebih 'ringan'.

    4. Merokok
    Siapa bilang merokok di malam hari akan membantu menenangkan saraf dan pikiran\'? Pemahaman ini salah besar, nikotin justru tak hanya depresan (penyebab depresi, gelisah, stres) tapi juga stimulan atau perangsang sehingga mendorong seseorang makin sulit tidur.

    Kalaupun Anda masih belum bisa berhenti merokok sepenuhnya, setidaknya hindari merokok sebelum tidur.

    5. Cuci muka
    Mencuci muka dengan air dingin memang membantu menutup pori-pori kulit, tapi ternyata ini juga bisa merangsang tubuh, melepaskan energi agar tubuh terus merasa hangat dan otomatis membuat seseorang terus terjaga.

    Untuk itu di malam hari cucilah muka dengan air hangat, sedangkan air dingin baiknya dipakai untuk cuci muka di pagi hari saja.

    6. Isi ulang gadget
    Demi mendapatkan tidur berkualitas, mungkin Anda sudah berhenti berkirim email atau main Twitter di atas kasur menjelang tidur. Tapi mengapa Anda masih susah tidur? Ternyata lampu kecil yang menyala ketika Anda tengah mengisi ulang gadget atau ponsel juga sudah cukup mengganggu tidur Anda, apalagi jika warnanya biru.

    Jika tak mau begitu, isi ulanglah gadget atau ponsel Anda di ruangan selain kamar tidur atau isi ulang di pagi hari ketika Anda bersiap untuk memulai aktivitas.

    7. Kasur hangat
    Berbaring di atas kasur yang hangat tampaknya akan memberi Anda tidur yang nyenyak semalaman, namun ternyata peningkatan suhu tubuh di malam hari justru akan mengganggu pola tidur seseorang.

    Bila Anda tidur bersama pasangan, hewan peliharaan atau hanya dengan selimut, pastikan saja suhu ruangan kamar tidur Anda cukup rendah, misal dengan menyalakan AC atau membuka jendela. Tetapi pastikan saja suhunya jangan terlalu rendah.

    8. Teh lemon
    Teh yang disajikan bersama lemon mungkin terdengar pas untuk diminum setelah makan malam dan menggiring Anda ke tempat tidur. Namun ternyata efeknya sama saja dengan kopi menjelang tidur.

    Pasalnya aroma lemon (dan buah sitrus lainnya) dapat merangsang mental dan menambah energi. Agar Anda cepat tertidur, hindari minuman dengan rasa lemon dan jeruk atau beraroma keduanya.

    9. Minum obat
    Beberapa jenis vitamin seperti B6 dan B12 serta\' obat tertentu seperti steroid telah lama terbukti dapat mempengaruhi pola tidur seseorang. Bila Anda tak ingin terkena insomnia, datangi dokter Anda dan mintalah obat yang hanya bisa diminum di pagi hari saja.

    Jadwal minum obat itu juga akan mudah diingat jika semalam tidur Anda nyenyak.



      Waktu sekarang Tue Dec 06, 2016 3:37 am