Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Tips Agar Tak Mudah Ngantuk Setelah Makan Siang

    Share

    Amanda_juliana

    62
    09.07.13

    Tips Agar Tak Mudah Ngantuk Setelah Makan Siang

    Post  Amanda_juliana on Wed Jan 08, 2014 7:30 am



    Setelah makan siang, tidak sedikit orang yang merasa mengantuk dan ingin tidur. Yang menjadi masalah, rasa kantuk datang di saat jam kerja. Mau tidak mau, rasa kantuk harus dilawan atau mencari cara agar tidak mudah mengantuk setelah makan siang.

    Mengantuk setelah makan siang sebenarnya merupakan kondisi yang tidak normal, karena setelah makan seharusnya tubuh menghasilkan energi yang membuat Anda lebih segar.

    Mengantuk adalah salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh agar seseorang beristirahat. Tapi jika selalu mengantuk sehabis makan itu pertanda ada yang salah dalam makanan, enzim atau kondisi kadar gula darah Anda.

    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tak mudah mengantuk setelah makan siang, seperti dikutip dari Livestrong.

    1. Batasi gula dan lemak

    Batasi makanan yang mengandung gula dan lemak saat makan siang untuk menghindari 'kecelakaan energi'. Gula memang dapat memberikan dorongan energi yang cepat pada awalnya, namun akan habis dengan cepat pula sehingga membuat tubuh merasa lelah. Jika ingin makan makanan manis, pilihlah buah yang memiliki rasa manis alami.

    2. Makan karbohidrat kompleks

    Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi, protein dan karbohidrat kompleks. Zat besi memungkinkan tubuh memproduksi hemoglobin yang diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk meningkatkan energi. Sedangkan karbohidrat kompleks memberikan glukosa pada tubuh yang berfungsi sebagai bahan bakar yang membantu fungsi tubuh, namun dicerna dengan lebih lambat sehingga tidak cepat menaikkan gula darah.

    3. Jangan makan berlebihan

    Batasi porsi makan siang dan hindari makan secara berlebihan. Mencerna makanan dengan porsi besar dapat membuat tubuh merasa lebih lelah dan cepat mengantuk.

    4. Olahraga ringan di kantor

    Agar tidak mudah mengantuk, lakukan latihan ringan di kantor seperti loncat-loncat, peregangan, latihan pernapasan atau push-up. Latihan ringan ini akan dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah untuk meningkatkan energi.

    5. Minum air putih

    Minum air putih setelah makan siang akan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semua organ dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Kantuk adalah salah satu tanda tubuh sedang mengalami dehidrasi, jadi tidak cukup minum setelah makan siang bisa membuatnya lebih buruk.

    6. Cukup tidur di malam hari

    Dapatkan minimal 8 jam tidur setiap malam untuk memberikan tubuh jumlah yang tepat untuk istirahat. Bangun pada saat yang sama setiap hari. sehingga tubuh selalu siap masuk ke rutinitas. Bangun lebih awal atau tidur terlalu sedikit dapat merusak jam biologis tubuh dan membuat Anda merasa lebih lelah di siang hari.



      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 1:48 pm