Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Jangan Panik, Ini Dia Alasan Wanita Terlambat Haid Hingga Berbulan-bulan

    Share

    nailahakimah

    14
    13.11.13

    Jangan Panik, Ini Dia Alasan Wanita Terlambat Haid Hingga Berbulan-bulan

    Post  nailahakimah on Thu Jan 09, 2014 6:50 am

    Normalnya siklus menstruasi atau datang bulan terjadi satu bulan sekali. Karena setiap wanita memiliki periode yang berbeda dalam siklusnya, tak jarang dijumpai wanita yang mengalami telat datang bulan hingga berbulan-bulan.

    Wanita yang aktif secara seksual pasti akan panik bila sudah tiba waktunya haid tapi tamu bulannya tak kunjung datang. Tapi ingat, hal ini belum tentu karena hamil, tapi bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres.

    "Jika seorang wanita seksual aktif mengalami terlambat haid, maka yang harus dipastikan pertama kali adalah ada tidaknya kehamilan. Sebab tidak setiap kasus terlambat haid pasti hamil," ujar dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG, spesialis kebidanan dan kandungan RSUD Leuwiliang Bogor kepada detikHealth.

    Latar belakang pendidikan yang rendah dan minimnya informasi membuat masyarakat suka menilai bahwa wanita yang telat datang bulan sudah pasti hamil. Namun, menurut dr Irfan sebelum menduga-duga seseorang hamil atau tidak, baiknya pastikan terlebih dahulu dengan melakukan serangkaian tes, bisa menggunakan testpack atau USG ke dokter kandungan.

    Bukan hanya karena hamil yang menyebabkan seorang wanita telat datang bulan, tetapi ada faktor lain yang mempengaruhi siklus menstruasi wanita dan menyebabkan tamu bulanan tersebut telat datang. dr Irfan menjelaskan bahwa haid yang normal dilihat dari 3 hal, yaitu interval, lama dan volume darahnya. Di luar batasan normal haid tersebut disebut dengan perdarahan rahim abnormal (abnormal uterine bleeding) atau gangguan haid.

    "Gangguan haid karena interval haid dibedakan menjadi Oligomenorrhea (jarang haid) jika interval haidnya lebih dari 35 hari dan Polimenorhhea (sering haid) jika interval haidnya kurang dari 21 hari atau Amenorrhea jika tidak haid lebih dari 3 bulan. Harus dicari lebih jauh penyebab terjadinya jarang atau seringnya haid ini. Jika perlu, dokter spesialis kebidanan dan kandungan akan memberikan intervensi obat hormonal untuk mengatur siklus haidnya agar diharapkan siklus haidnya normal," terang dr Irfan.

    dr Irfan menambahkan penyebab fisiologis terjadinya kasus amenorrhea atau tidak haid selama tiga bulan yaitu pada wanita menjelang pubertas, kehamilan, menyusui dan menopause. Sedangkan penyebab yang bersifat patologis jika terlambat haid atau bahkan sampai amenorhhea disebabkan oleh karena beberapa hal, misalnya stres, riwayat operasi pengangkatan ovarium (kandung telur), operasi pengangkatan rahim, gizi buruk, obesitas atau adanya tumor pada organ kandungan.


      Waktu sekarang Sun Dec 11, 2016 3:01 pm