Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Minum Kopi Tidak Selalu Memicu Dehidrasi

    Share

    nancyaristia

    19
    13.01.14

    Minum Kopi Tidak Selalu Memicu Dehidrasi

    Post  nancyaristia on Wed Jan 15, 2014 6:59 am


    Banyak orang tak bisa memulai hari tanpa minum kopi. Selama ini kopi dianggap sebagai minuman diuretik yang dapat membuat dehidrasi. Namun, penelitian terbaru meenyebutkan kopi tak selalu memicu dehidrasi.

    Seperti dilansir You Beauty, anggapan konsumsi kopi yang mengakibatkan dehidrasi pada tubuh ternyata kurang tepat. Sebuah studi pada Januari tahun 2014 yang diterbitkan oleh Plos One telah menemukan bahwa secangkir kopi di pagi hari tidak menyebabkan dehidrasi. Konsumsi kopi dalam takaran cukup dapat membuat seolah-olah terhidrasi.

    Menurut penelitian, konsumsi kopi empat cangkir sehari tergolong moerat atau cukup. Peneliti melihat sekelompok 50 peminum kopi yaitu laki-laki yang mengonsumsi 4 cangkir (masing-masing 200 ml) kopi hitam. Dibandingkan dengan mereka yang minum air putih dalam jumlah yang sama, setiap hari, selama 3 hari.

    Setelah masa istirahat 10 hari, kelompok beralih peran. Peneliti menggunakan berbagai tes untuk mengukur hidrasi, termasuk berat badan, analisis darah dan urin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam jumlah total air dalam tubuh di salah satu tes darah. Ada juga yang tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam volume urin atau konsentrasi antara kedua kelompok.

    Tapi walaupun beberapa cangkir tidak membuat perbedaan dalam tubuh, tidak berarti orang harus berhenti minum air dan menggantinya dengan kopi. Menurut Leah Kaufman selaku ahli gizi, ia tidak merekomendasikan untuk mengandalkan kopi sebagai pengganti pemenuhan kebutuhan cairan tubuh.

    �"Meskipun studi ini telah menunjukkan efek positif, pembatasan jumlah peserta dan lamanya waktu belajar membuat saya ragu-ragu untuk mengatakan kepada pasien saya bahwa minum hanya kopi saja baik untuk hidrasi," tutur Kaufman.

    �"Untuk saat ini, air tetap harus masuk ke cairan untuk hidrasi, tetapi sejumlah kecil kopi per hari tampaknya tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan seseorang," tambah Kaufman.

    Responden dalam penelitian ini, juga mengonsumsi air minum selain kopi selama masa percobaan, sehingga mereka tidak mengandalkan sepenuhnya pada kopi untuk hidrasi. Terlebih lagi, peserta caffeinators yang memiliki kebiasaan, minum setidaknya tiga cangkir sehari, yang berarti tubuh mereka mungkin terbiasa dengan efek diuretik.

    Kaufman juga menunjukkan bahwa, orang yang secara teratur berpartisipasi dalam aktivitas fisik harus waspada terhadap temuan ini.

    "Seorang atlet, atau bahkan seseorang yang sering berolahraga selama 45 menit hampir setiap harinya, kebutuhan untuk tetap terhidrasi dengan baik selalu harus di dapatkan melalui air putih." Tutur Kaufman.

    "Ini akan menarik untuk membuat penelitian selanjutnya yang dilakukan dengan sejumlah besar peserta yang berpartisipasi dalam olahraga, " sarannya. Tapi sampai ini dilakukan, kita tidak bisa benar-benar tahu apa efek hidrasinya.

    "Air dapat membantu memberikan energi otot, menjaga tubuh yang sehat dan membantu menjaga fungsi usus normal," kata Kaufman.

    Jadi, pastikan konsumsi kopi dengan tetap memperhatikan asupan cairan yang di dapat dari air putih. Kesehatan dan kecantikan akan lebih baik bila Anda menuai keuntungan dari kedua minuman ini sekaligus.


      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 8:55 am