Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    10 Omongan tentang Diabetes yang Cuma Mitos

    Share

    putri

    46
    27.06.11

    10 Omongan tentang Diabetes yang Cuma Mitos

    Post  putri on Fri Jan 17, 2014 8:08 am


    Jumlah penderita diabetes di seluruh dunia mencapai 371 juta jiwa. Di Indonesia sendiri total jumlah penderita diabetes adalah 7,3 juta orang. Kendati banyak orang yang terjangkiti diabetes, masih banyak juga mitos yang beredar dan dipercaya masyarakat.

    Pada era di mana informasi dapat diperoleh dengan mudahnya seperti saat ini, masih banyak orang yang dengan mudah disesatkan oleh mitos-mitos beredar. Miskonsepsi terutama mengenai diet yang harus dilakukan oleh pasien diabetes.

    Untuk membantu Anda mengetahui fakta mengenai diabetes, detikHealth menyajikan 10 hal mitos diabetes yang banyak dipercaya orang. Mitos-mitos ini pada umumnya mengenai diet penderita diabetes, yang salah satunya mengatakan bahwa penderita diabetes harus makan makanan bebas gula.

    Tidak hanya gula, para penderita diabetes pun harus mengurangi asupan karbohidrat. Tetapi menghindari bukan berarti harus berhenti mengonsumsi karbohidrat sama sekali, bukan? Sebagaimana orang lain, penderita diabetes juga harus memiliki menu makan seimbang, dan karbohidrat adalah bagian dari menu seimbang itu.

    Hal penting yang harus dilakukan penderita diabetes adalah mengatur asupan makanan. Sebaiknya Anda tahu berapa jumlah karbohidrat dalam setiap makanan yang diraup sehingga Anda tidak akan kelebihan asupan.

    Dilansir Boldsky, inilah 10 mitos mengenai diabetes yang seharusnya tidak Anda percaya:

    1. Orang obesitas pasti menderita diabetes
    Kebanyakan orang percaya bahwa diabetes disebabkan oleh obesitas. Memang, pada penderita obesitas, insulin menjadi tidak peka sehingga memicu diabetes. Namun pada beberapa kasus, ada juga orang dengan berat badan berlebih yang tidak menderita diabetes. Dan sebaliknya, ada orang yang langsing namun ternyata menderita diabetes.

    2. Penderita diabetes harus menghindari buah
    Dalam beberapa mitos, dikatakan bahwa penderita diabetes harus menjauhi buah karena buah kaya akan karbohidrat. Hal tersebut tentu merupakan mitos.

    Meningkat atau menurunnya kadar gula ditentukan oleh indeks glikemik makanan. Buah memiliki indeks glikemik yang rendah dan oleh karena itu dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebaliknya, nasi putih atau makanan olahan tepung yang tidak terlihat manis justru memiliki indeks glikemik lebih tinggi. Selalu tanyakan pada dokter, buah apa dan berapa jumlah yang harus dikonsumsi agar tetap baik untuk tubuh.

    3. Harus berolahraga lebih keras
    Satu dari sepuluh mitos mengenai diabetes adalah bahwa penderitanya harus berolahraga lebih keras. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Saat olahraga yang dilakukan menjadi anaerobik, level gula darah justru meningkat. Oleh karena itu, pantaulah detak jantung ketika berolahraga.

    4. Sebaiknya tidak berolahraga
    Ada juga orang yang menganggap bahwa penderita diabetes sebaiknya tidak berolahraga agar tidak pingsan karena kadar gula terlalu rendah. Hal itu juga tidak benar. Penderita diabetes seharusnya tetap berolahraga untuk menjaga kesehatan, menjaga berat ideal, dan mengontrol kadar gula darah. Sebaiknya pilih olahraga yang bersifat aerobik.

    5. Selalu mengonsumsi makanan bebas gula
    Anda dapat memakan biskuit, roti, dan segala camilan bebas gula. Demikian mitos yang kebanyakan orang percaya. Faktanya, makanan-makanan tersebut bebas gula tetapi tidak bebas karbohidrat.

    Karbohidrat dari beberapa jenis makanan justru dapat meningkatkan level gula darah. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan bebas gula tapi tidak bebas karbohidrat tetap membuat level gula darah meningkat.

    6. Suntikan insulin sangat penting
    Adalah mitos bahwa suntikan insulin diperlukan untuk mengontrol diabetes. Suntikan insulin memang diperlukan bagi penderita diabetes tipe 1 yang tubuhnya tidak dapat memproduksi cukup hormon. Tapi tidak dengan penderita diabetes tipe 2.

    Penderita diabetes tipe 2 tidak harus diberi suntikan insulin, cukup dengan obat. Bahkan, dengan pengaturan menu makan dan aktivitas yang cukup, penderita diabetes tipe 2 tidak terlalu membutuhkan obat-obatan.

    7. Diabetes bukan penyakit serius
    Faktanya, diabetes tidak boleh diabaikan atau dianggap enteng. Salah satu informasi yang beredar mengatakan bahwa diabetes bukan penyakit serius dan tidak harus segera ditangani. Padahal jika tidak terdeteksi sejak dini, diabetes dapat membunuh seseorang secara perlahan dari dalam. Penyebabnya adalah karena diabetes memengaruhi sistem pertahanan tubuh, merusak ginjal, dan merusak organ vital lain.

    8. Diabetes tipe 2 tidak separah diabetes tipe 1
    Banyak orang beranggapan bahwa diabetes tipe 2 tidak seberbahaya diabetes tipe 1. Faktanya, apabila tidak ditangani tepat pada waktunya, kedua tipe diabetes itu dapat mengarah pada komplikasi serius. Meski dua tipe diabetes itu ditangani dengan pengobatan berbeda, wajib hukumnya bagi penderita diabetes untuk melakukan gaya hidup sehat sebagai upaya penanganan.

    9. Obat saja cukup
    Anggapan yang paling salah adalah bahwa penderita diabetes bisa makan apa saja selama mereka mengonsumsi obat. Meskipun mengonsumsi obat, penerita diabetes tetap harus menyesuaikan menu makan mereka untuk mengontrol diabetes. Selain itu, menjadi ketergantungan pada obat tidak baik untuk hati.

    10. Insulin menyebabkan berbagai komplikasi
    Beberapa orang yakin bahwa insulin berbahaya untuk tubuh. Padahal faktanya insulin merupakan hormon yang paling aman untuk mengontrol kadar gula darah.


      Waktu sekarang Sat Dec 10, 2016 2:19 am