Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Tin Tin! Suara Klakson Juga Bisa Picu Jantung Koroner

    Share

    ayyu_neoe

    18
    09.11.13

    Tin Tin! Suara Klakson Juga Bisa Picu Jantung Koroner

    Post  ayyu_neoe on Mon Feb 24, 2014 8:43 am


    Pernahkah Anda merasa sangat terganggu dan kesal karena klakson mobil yang dibunyikan terus menerus atau karena sirine ambulans atau mobil polisi? Ya, hal itu wajar terjadi karena bunyi-bunyian seperti itu dalam penelitian di Southern Medical Journal masuk ke dalam kategori polusi suara.

    "Itu adalah stressor yang kuat. Sebab, suara klakson, sirine, atau kereta yang mengerem bisa memicu respon fight or flight dalam tubuh Anda. Bahkan, orang yang tinggal di perkotaan dengan suasana seperti itu 49 persen lebih berisiko terkena jantung koroner," jelas Hugh W Davies, PhD, dari departemen kesehatan lingkungan University of British Columbia.

    Bahkan, Davies mengatakan ada studi lain yang menemukan bahwa suara bising lalu lintas dan sirine mobil bisa menyebabkan lonjakan denyut jantung dan membuat penduduk di kota besar tak bisa tidur nyenyak. Oleh karena itu, Davies menyarankan sebelum tidur, jagalah keheningan kamar Anda dengan mematikan TV dan sumber suara lainnya.

    Tak hanya membuat jantung berdegup lebih cepat, Davies juga menuturkan bagaimana suara bising bisa mempengaruhi proses berpikir dan merasa Anda. Menurut penelitian dari University of Oregon, suara bising bisa mengganggu kemampuan untuk menangkap isyarat misalnya ketika melihat teman yang sedang bad mood.

    "Selain itu, kebisingan juga bisa mengganggu memori. Sebab, orang yang mendengar informasi dalam suasana hening lebih mudah mengingat dan fokus. Penelitian di China menunjukkan suara furniture yang berderit saja bisa mengganggu konsentrasi orang," papar Davies seperti dilansir Men's Health.

    Meski begitu, studi dari University of Illnois menemukan bahwa suara yang agak bising juga menambah kreativitas sampai 35 persen. Menurut penulis studi, Ravi Mehta, PhD, suara yang sangat lembut justru menghambat pengolahan kemampuan otak dan suara yang agak bising justru membawa pikiran\' seseorang lebih luas.

    Nah, khususnya suara bising di pesawat terbang bisa membuat konsentrasi Anda terpecah dan sulit fokus bahkan cenderung membuat Anda gusar dan gelisah.


      Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 5:14 am