Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Teknik dan Cara Beriklan di Facebook

    Share

    online

    452
    27.08.09

    Teknik dan Cara Beriklan di Facebook

    Post  online on Sat Mar 08, 2014 5:24 pm


    Memasang iklan gratis di FB (Facebook) bisa menjadi pilihan bagi yang punya usaha tapi modalnya kecil. Sebagai salah satu media yang sedang populer saat ini adalah situs jejaring sosial FB. Selain jadi media komunikasi, Facebook juga bisa dijadikan sebagai alat pemasaran atau promosi. Di sini kita akan membahas cara iklan gratis di media sosial ini dan dapat dilakukan dengan mudah.

    Hampir semua pengguna Facebook pasti pernah melihat sebuah banner iklan yang ada di sebelah kiri halaman situs jejaring sosial tersebut. Banner tersebut namanya adalah Facebook Advertise. Sistem kerjanya hampir sama Google Adwords, namun punya beberapa kelebihan. Salah satu kelebihan tersebut adalah iklan yang dipasang lebih tepat sasarannya. Sebab orang yang ingin memasang iklan dapat menentukan sistem penyebarannya. Apakah akan disesuaikan dengan hobi, umur, lokasi dan sebagainya.

    Dengan bermodalkan kartu kredit, pengguna Facebook dapat memasang iklan apa saja di media tersebut. Namun yang perlu diperhatikan, pemasang harus jeli saat melakukan penawaran pada harga kliknya. Sebab jika terjadi kesalahan dalam memasukan nilai atau harga uang dapat terkuras dengan cepat.

    Namun ulasan kali ini tidak membahas masalah tersebut. Kita akan membicarakan bagaimana cara iklan gratis di FB. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun meski tetap harus punya kartu kredit.

    Menggunakan Qapacity

    Namun sebelum mengetahui cara iklan gratis di FB harus mengetahui lebih dulu apa itu Qapacity. Karena dengan Qapacity inilah kita dapat memasang iklan pada situs Facebook.

    Qapacity merupakan suatu situs maupun web bisnis yang sasarannya yaitu situs lain yang berupa jejaring sosial termasuk Facebook serta\' direktori khusus bisnis lainnya. Jika bergabung dengan situs ini akan mendapat suatu alat yang dapat dipakai sebagai media iklan atau promosi melalui sambungan internet atau online.

    Agar bisa bergabung dengan Qapacity harus melakukan pendaftaran lebih dulu. Setelah itu akan mendapat bantuan untuk mempromosikan produk yang ingin di jual di internet. Lalu bagaimana cara bergabungnya?. Mudah saja, kita tinggal membuka alamat situs tersebut kemudian lakukan regristasi atau pendaftaran.

    Sistem pendaftarannya tinggal mengisi nama lengkap, depan serta\' belakang. Jangan lupa isikan pula alamat email yang masih aktif dan digunakan. Dan yang tidak kalah penting adalah mengisi alamat situs atau web milik sendiri.

    Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan maka kita akan mendapatkan voucher secara gratis. Tapi voucher ini tidak bisa didapatkan secara langsung namun harus menunggu lebih dahulu. Hal ini disebabkan orang yang mendaftar jumlahnya sangat banyak sehingga harus antei. Namun setelah diberi vouher pendaftar akan mendapat pemberitahuan melalui email. Setelah itu voucher dapat digunakan.

    Proses pemberian voucher ini butuh waktu sekitar satu minggu. Dalam kurun waktu tersebut kita dapat membuat web untuk pemasaran produk. Barulah setelah voucher itu diterima dapat segera difungsikan secepat mungkin. Kenapa harus cepat, sebab voucher ini punya batas tenggang atau masa kadaluwarsa. Jadi jika terlambat voucher jadi hangus dan tidak bisa digunakan.

    Menggunakan Voucher

    Kemudian bagaimana cara menggunakan voucher tersebut? Teknik inilah yang merupakan inti dari cara iklan gratis di FB seperti yang telah diulas di bagian atas. Langkah pertama yaitu lakukan log in dulu di facebook. Pada bagian bawah di halaman depan atau muka terdapat tulisan kecil Create Ad. Klik saja tombol itu, kemudian akan muncul halaman iklan atau advertise.

    Pada halaman tersebut ada tombol warna hijau bertuliskan Create an Ad di sebelah atas kanan. Selanjutnya akan muncul kolom untuk mengisi halamat web atau situs yang ingin kita iklankan atau promosikan.

    Langsung saja isi kolom tersebut dan tekan enter. Berikutnya akan muncul lagi kolom-kolom untuk mengisi data-data lain seperti judul iklan, keterangan, desain dan lainnya. Buatlah judul sebagus mungkin agar orang yang melihat iklan tersebut tertarik untuk membuka dan masuk dalam situs promosi kita. Demikian pula dengan keterangannya, harus dibuat dengan bahasa yang indah dan menarik. Yang tidak boleh dilupakan jangan terlalu banyak menggunakan huruf jenis capital sebab Facebook akan memblokir iklan yang dipasang.

    Hal lain yang perlu diperhatikan, kolom untuk menentukan profil atau orang yang menjadi target dan sasaran iklan harus diisi. Karena ini adalah kunci utama terhadap keberhasilan penayangan iklan. Contohnya yaitu jika produk yang dijual adalah baju khusus untuk remaja, maka pengisian profilnya juga disesuaikan. Demikian pula dengan lokasi, apakah hanya dijual di Indonesia saja atau negara lainnya serta\' jenis kelamin dan sebagainya.

    Setelah semua terisi, maka masuk kolom sistem pembayaran. Karena tidak menyediakan sistem pembayaran rupiah, maka gunakan saja dollar atau USD. Pada kolom untuk pembayaran beaya ini juga akan ditanyakan informasi tentang kartu kredit yang digunakan. Di sinilah voucher yang didapat dari Qapacity bisa digunakan.

    Kita tidak perlu mengisi nomor kartu kredit, tapi cukup melakukan klik tombol yang bertuliskan I have a coupon to redeem. Selanjutnya akan muncul sebuah kolom kecil. Kolom tersebut diisi dengan kode voucher yang kita dapatkan melalui email tadi. Untuk mengetahui apakah voucher itu sudah masuk dalam rekening atau tabungan, klik saja tombol billing kemudian klik sekali lagi tombol Funding Sources.

    Pihak Qapacity memberi voucher pada setiap pendaftar baru sebesar US$76. Jika pada kolom Funding Sources tersebut telah tertera angka tersebut, artinya rekening sudah terisi dan langsung digunakan untuk membayar iklan yang mau dipasang tersebut.

    Biaya minimal untuk memasang iklan yaitu satu dollar sedangkan batas maksimalnya tidak ada. Agar iklan tersebit bisa ditayangkan dalam waktu yang lebih lama, disarankan untuk membayar US$10 setiap hari. Jadi jika punya voucher dari Qapacity sebesar US$6, maka bisa dipakai selama tujuh hari dan masih tersisa US$6. Sisa tersebut masih bisa dipakai untuk membayar penayangan iklan yang tarifnya lebih murah.

    Setelah semua dikerjakan tinggal klik pada tombol bertuliskan Review Ad yang berada di bagian paling bawah. Maka selesai sudah proses pemasangan iklan dan selanjutnya tinggal menunggu iklan tersebut ditayangkan.

    Tapi sebelum iklan ini ditayangkan di situs Facebook, pihak advertising akan melakukan review lebih dulu untuk menentukan apakah iklan yang mau dipasang layak untuk ditayangkan atau tidak. Proses ini membutuhkan waktu beberapa jam.

    Melakukan bidding

    Bila punya waktu yang longgar, disarankan untuk membaca informasi yang berisi panduan untuk memasang iklan. Sebab dari informasi tersebut bisa mengetahui bagaimana cara membuat iklan yang lebih efektif. Dan yang paling penting adalah, pelajari secara cermat cara melakukan proses bidding atau penawaran harga iklan.

    Sebab bila harga iklan tersebut terlalu mahal atau tinggi, akibatnya yaitu dana yang telah dibayar pada facebook akan cepat habis. Bila merasa bingung, sebaiknya ikut saja pada saran penawaran atau bid yang selalu diberikan secara otomatis setelah tim advertising dari Facebook mengadakan kalkulasi harga.

    Demikianlah penjelasan singkat tentang cara iklan gratis di FB dengan fasilitas voucher dari Qapacity. Selain metode tersebut masih ada teknik lain seperti membuat tulisan status yang menginformasikan alamat situs dagangan kita dan sebagainya.

    -anneahira


      Waktu sekarang Sat Oct 01, 2016 10:33 pm