Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Minum Air Kencing Bisa Sembuhkan Diabetes ? Ah Itu Mitos

    Share

    clara

    945
    23.01.09

    Minum Air Kencing Bisa Sembuhkan Diabetes ? Ah Itu Mitos

    Post  clara on Tue Mar 11, 2014 8:02 am


    Tidak hanya cara medis, cara tradisional pun sering dilakukan untuk mengobati diabetes. Berbagai ramuan dan saran dari pengobatan alternatif dicoba oleh pasien diabetes dalam mengobati sakit yang dideritanya. Salah satunya adalah saran untuk meminum air seni sendiri.

    "Tidak. Itu hanya mitos saja," ujar dr. Sherly Indriani saat ditemui pada acara Workshop fo Journalist and Writing Competition di Oakwood Premier Cozmo yang digelar PT Novo Nordisk Indonesia, Jl. Lingkar Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

    dr. Sherly tidak mengelak bahwa memang banyak pasien diabetes Indonesia yang percaya pada hal tersebut. Padahal hal itu hanyalah mitos. Menurut dr. Sherly, air seni adalah cairan yang dikeluarkan dari tubuh karena memang tidak berguna lagi untuk tubuh, sehingga tidak seharusnya diminum lagi. Selain itu, sejauh ini belum pernah ditemukan penelitian yang menyatakan bahwa air seni dapat menyembuhkan diabetes.

    "Selama ini belum ditemukan adanya penelitian yang menyebutkan hal tersebut. Maka hal itu belum dapat dibuktikan kebenarannya," tutur dr. Sherly.

    Senada dengan dr. Sherly, Prof. Dr. dr. Achmad Rudijanto, Sp.PD-KEMD, FINASIM, ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), yang ditemui pada acara yang sama menuturkan bahwa obat-obatan ramuan tradisional pun sebenarnya tidak terlalu bermanfaat untuk penderita diabetes.

    "Obat ramuan itu sebenarnya tidak perlu. Tidak ada (obat ramuan) yang sebenarnya mengobati diabetes secara efektif," ujar Prof. Achmad.

    dr. Sherly mengungkapkan bahwa lebih baik pasien diabetes lebih percaya pada obat-obatan medis atau insulin yang sudah terbukti dapat mengatasi diabetes. Menurutnya insulin merupakan terapi ideal yang disarankan untuk pasien diabetes, di mana akan lebih baik jika dilakukan sedari awal.

    Kendati begitu, dr. Sherly mengakui bahwa sebenarnya belum ada obat yang berhasil menyembuhkan total diabetes. Karena selama ini, segala macam pengobatan yang dilakukan pasien diabetes hanya bersifat sebagai penanganan saja, bukan sebagai bentuk penyembuhan.

    "Yang bisa dilakukan untuk diabetes ini hanyalah mengendalikan, bukan menyembuhkan. Karena sejauh ini belum ditemukan obat yang berhasil menyembuhkan penderita diabetes," ungkap dr. Sherly.

      Waktu sekarang Sun Dec 11, 2016 9:12 am