Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» 'Game Mode' di Windows 10 Bisa Bikin PC Ngebut
Yesterday at 1:24 pm by via

» 10 Rumus Kehidupan Ini Akan Buatmu Lebih Bijaksana dan Bahagia
Yesterday at 1:18 pm by via

» Korowai Tribe
Tue Jan 10, 2017 1:25 pm by via

» Cinta "Terlarang" Bung Karno dan Penari Istana
Tue Jan 10, 2017 1:02 pm by via

» 7 Rahasia Wanita yang Tidak Akan Diceritakan ke Pasangannya
Tue Jan 10, 2017 12:44 pm by via

» Ini Shampo Untuk Mengatasi Kulit Kepala Gatal
Tue Jan 10, 2017 12:30 pm by lanang

» Sejarah Koteka
Tue Jan 10, 2017 12:23 pm by lanang

» Saat Fantastic Beasts Bertemu Harry Potter di Dunia Anime
Tue Jan 10, 2017 12:15 pm by lanang

» Modifikasi Knalpot Motor Untuk Performa Terbaik
Tue Jan 10, 2017 12:01 pm by flade

IKLAN ANDA


    Ini Khasiat Jahe Merah dan Mengkudu bagi Kesehatan

    Share

    CutAzizah

    6
    15.03.14

    Ini Khasiat Jahe Merah dan Mengkudu bagi Kesehatan

    Post  CutAzizah on Thu Mar 20, 2014 6:25 am


    Jika mengkudu ditambah dengan jahe, dapat memberikan efek sinergi antimikroba.

    Mengkudu dan jahe merah sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Mengkudu merupakan buah yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit kuning, hingga kanker.

    Sementara itu, jahe merah adalah tanaman herbal yang dikenal dengan khasiatnya sebagai penghangat tubuh, mengobati batuk serta\' mampu meningkatkan gairah seksual.

    Dan kini, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 kembali mengungkap khasiat lain dari buah mengkudu dan jahe merah. Penelitian yang dipimpin oleh Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, dr. Arifin Nawas, mengungkap bahwa mengkudu dan jahe merah dapat membantu mengobati penyakit tuberkulosis (TB).

    Penelitian yang dilakukan kepada 100 pasien penderita TB ini mengungkap bahwa kombinasi ekstrak mengkudu dan jahe merah, efektif digunakan sebagai suplemen dalam mengobati penyakit TB.

    Dalam penelitian tersebut, pasien dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan obat TB ditambah ekstrak mengkudu dan jahe merah, sedangkan kelompok kedua hanya diberi obat anti TB ditambah plasebo. Kemudian, mulai pekan kedua hingga ke-24, para peneliti melakukan pemeriksaan pada seluruh pasien terkait gejala, pemeriksaan klinis, dan pemeriksaan BTA.

    Hasilnya, dalam waktu kurang atau sama dengan enam pekan, sebanyak 20 pasien yang diberi ekstrak mengkudu dan jahe merah mengalami penurunan infeksi lebih cepat dibanding 13 pasien yang hanya diberi obat TB.

    "Kecepatan ini dapat mengurangi penularan TB kepada orang-orang di sekitarnya," ujar dr. Arifin dalam acara Soho #BetterU: Hari Tuberkulosis, di Hotel Akmani Jakarta.

    Arifin melanjutkan bahwa penyakit TB biasanya menyerang orang yang sistem imunitas tubuhnya rendah. Sementara itu, ekstrak mengkudu mengandung zat yang diketahui mampu mengaktivasi sistem imunitas tubuh. Jika ditambah dengan jahe, dapat memberikan efek sinergi antimikroba.

    "Kandungan antimikroba ini bahkan seharusnya bisa dijadikan sebagai obat. Karena itu, kami berharap penelitian selanjutnya bisa membuktikan bahwa mengkudu dan jahe merah mampu mengobati TB," katanya.



      Waktu sekarang Tue Jan 17, 2017 9:41 am