Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    4 Manfaat Tersembunyi dari Rajin Mengonsumsi Sayuran

    Share

    CutAzizah

    6
    15.03.14

    4 Manfaat Tersembunyi dari Rajin Mengonsumsi Sayuran

    Post  CutAzizah on Sun Jul 06, 2014 10:04 am


    Mengonsumsi banyak sayur dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hasil penelitian dalam Health Surveys for England menunjukkan, pola makan kaya sayur serta\' buah bisa melindungi tubuh dari risiko kanker, penyakit jantung dan gangguan pada usus serta\' sistem pencernaan lainnya. Lebih dari itu, masih banyak khasiat tersembunyi dari konsumsi sayur sedikitnya 7-8 porsi setiap hari, yang belum tentu semua orang tahu seperti dikutip dari CNN.

    1. Mencegah Perut Kembung
    Beberapa jenis sayuran memang bisa meningkatkan produksi gas di dalam perut yang menyebabkan kembung. Tapi itu hanya sebagian kecil. Sebagian besar sayur justru memberikan efek sebaliknya. Sayuran kaya akan serat yang bisa menyingkirkan 'sampah' sisa pencernaan serta\' bakteri jahat dari sistem pencernaan seperti usus dan lambung, sehingga dapat mencegah sembelit.

    Sayur juga bisa membantu Anda terlihat lebih rampng dengan menangkal kembung dan pembengkakan yang disebabkan oleh konsumsi garam berlebihan, dari makan biskuit, junk food atau makanan instan. Sayuran mengandung banyak potassium dan air yang bisa membantu menyingkirkan kelebihan garam, sekaligus menyeimbangkan cairan dan elektrolit di dalam tubuh.

    Untuk mengatasi rasa kembung pada perut, disarankan mengonsumsi ketimun, jeruk, selada hijau, selada merah dan tomat. Sebaiknya makan sayuran dalam keadaan mentah segar karena sayuran yang sudah mengalami proses pemanasan akan mematikan enzim dan mengurangi serat yang penting dalam proses mencerna makanan.

    2. Membuat Wajah Tampak Cerah dan Muda
    Ingin awet muda? Maka banyak-banyaklah makan sayur. Sayuran bisa mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dan membuat kulit tampak muda serta\' kenyal. Di dalam sayuran segar terdapat phytonutrient, vitamin C dan tinggi kandungan airnya. Sebagian besar sayuran memiliki 85 persen hingga 95 persen air, yang bisa membantu melembabkan kulit sekaligus mengurangi kerutan. Sementara itu phytonutrient berkhasiat mencegah penuaan dini dengan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat stres, paparan sinar matahari, polusi dan radikal bebas. Sementara vitamin C mendukung pembentukan kolagen alami pada tubuh.

    Konsumsilah makanan berwarna oranye atau merah yang kaya akan beta-karoten. Jenis antioksidan ini bisa membuat wajah tampak glowy dengan semburat rona merah pada kulit. Selain itu juga menambah pertahanan kulit dari sinar UV yang merusak. Likopen yang juga terkandung dalam sayuran merah seperti tomat pun sudah terbukti bisa menjadi tabir surya alami bagi kulit. Selain tomat, sayuran yang berkhasiat membuat kulit awet muda adalah ketimun, paprika, brokoli, kentang dan ubi manis.

    3. Mengurangi Stres
    Stres bisa membuat Anda terasa lelah dan mood menjadi tidak stabil. Stres juga berpotensi memengaruhi otak untuk lebih memilih junk food ketimbang makanan sehat. Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan mengasup magnesium dan vitamin C. Dua nutrisi ini banyak terkandung dalam sayuran. Selain itu sayuran juga memiliki nutrisi pereda stres lainnya seperti asam lemak omega-3, vitamin B dan potassium yang bisa melawan kelelahan serta\' depresi.

    Potassium dan magnesium yang terdapat dalam sayuran juga bisa membuat Anda lebih relaks dengan menjaga tekanan darah tetap stabil. Untuk meredakan stres, Anda bisa makan hampir semua jenis sayuran. Mulai dari sayuran berdaun hijau, kentang, paprika, bayam, bok choy, edamame, jamur dan tomat.

    4. Melindungi Tulang
    Selama ini susu dan produk susu olahan yang dianggap paling baik untuk menjaga kekuatan tulang. Tidak salah memang, karena susu tinggi akan kalsium dan vitamin D. Tapi tidak hanya susu, beberapa jenis sayuran juga memiliki nutrisi yang sama, yang bisa membentuk tulang seperti vitamin K, magnesium, potassium dan serat prebiotik.

    Tomat telah lama diketahui bisa membantu memperkuat tulang. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang jarang makan tomat, risiko mengalami osteoporosis di kala tua lebih tinggi. Selain tomat, sayuran lainnya adalah tanaman berdaun hijau pekat, bayam (masak sebentar agar kandungan kalsiumnya bertambah), brokoli, kacang polong, jamur, asparagus, kale, bawang putih dan daun bawang.


      Waktu sekarang Sun Dec 11, 2016 9:15 am