Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    PEMANFAATAN MEDIA TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

    Share

    kellyn

    123
    25.01.09

    PEMANFAATAN MEDIA TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

    Post  kellyn on Thu Aug 07, 2014 6:42 pm

    Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diberikan kepada peserta didik dimulai dari sekolah dasar, tujuannya adalah untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis,analitis,sistematis,kritis dan kreaktif

    Untuk belajar matematika sebenarnya tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan membutuhkan peralatan yang mahal dan mewah,yang diperlukan adalah kekreatifan.Misalnya apa yang ada di alam bisa dijadikan media pembelajaran matematika sebagai contoh lidi dari daun kelapa.Bagi sebagian orang mungkin berpikir bahwa lidi kelapa tidak ada kaitannya dengan matematika,tapi dalam kasus ini lidi kelapa kalau dimanfaatkan sebaik mungkin dalam pembelajaran matematika maka ia akan sangat membantu proses pembelajaran,misalnya lidi kelapa tersebut dapat dijadikan alat hitung dalam mengerjakan soal-soal matematika. Ini terbukti, sejak dulu anak-anak di desa yang kurang mampu menggunakan lidi kelapa sebagai alat hitung pengganti sampoa.

    B.Fungsi Lidi Sebagi Media Belajar

    Fungsi media lidi disini adalah untuk mempermudah anak-anak SD dalam berhitung,baik perkalian, pembagian,penjumlahan, dan pengurangan,selain itu media lidi dapat juga dibentuk berbagai bentuk bangun datar seperti,persegi,segitiga,dan lain-lain.

    C.Manfaat Lidi Sebagai Media Belajar

    Dengan menggunakan media lidi siswa dapat belajar sambil bermain, proses belajar mengajar menjadi menarik, siswa menjadi tidak bosan terhadap materi yang disampaikan, siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran matematika yang disampaikan oleh guru dan siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar,sehingga dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa.

    D.Contoh dan Cara Penggunaan Lidi Sebagai Media Pembelajaran

    Penggunaan lidi dalam menjelaskan dan memahami konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.
    Misalnya sebagai contoh gambar dibawah ini adalah salah satu cara untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.Dimana gambar dibawah ini menunjukan perkalian 4 x 5,yang sama artinya 5 + 5 + 5 + 5


    Cara penggunaan media lidi untuk menghitung perkalian 4 x 5 di atas yaitu :

    1)      Siswa harus menyiapkan lidi yang telah dipotong dengan ukuran kira-kira 10 cm

    2)      Ambilah potongan lidi tersebut sebanyak lima batang,lalu jadikan  satu kelompok

    3)      Selanjutnya lakukan pengambilan potongan lidi seperti diatas sebanyak 4 kali

    4)      Untuk mendapatkan hasil perkalian tersebut siswa hanya perlu menjumlahkan semua batangan lidi tersebut.

    Penggunaan lidi dalam memahami materi tentang mengenal bentuk-bentuk bangun datar.

    Selain untuk berhitung lidi juga bisa disusun menyerupai bangun datar,misalnya persegi.Cara membuatnya yaitu :

    1)      Siapkan lidi yang dipotong sebanyak 4 batang,dengan ukuran yang sama.

    2)      Susunlah lidi tersebut hingga menyerupai bangun persegi.

    Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh gambar dibawah ini.


    Jadi dapat disimpukan, media pembelajaran matematika tidak harus benda yang mahal dan modern,benda yang tidak berguna sekalipun bisa dijadikan media pembelajaran matematika,seperti lidi yang merupakan media belajar yang tradisional.



      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 4:46 am