Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Waspadai, Arthritis Leher

    Share

    sari_bunga

    14
    16.07.12

    Waspadai, Arthritis Leher

    Post  sari_bunga on Wed Sep 17, 2014 9:37 am


    Makin bertambahnya usia, penyakitpun makin gemar mengincar. Salah satu penyakit yang sering terjadi pada orang berusia lanjut adalah arthritis leher, biasanya disebabkan oleh degenerasi tulang leher yang berhubungan dengan usia.

    Umumnya, jenis arthritis yang mempengaruhi tulang leher adalah osteoarthritis atau cervical spondylosis. Penurunan fungsi sendi ini berkaitan dengan usia.

    Cervical spondylosis ditandai dengan perubahan degeneratif yang meliputi pertumbuhan tulang taji dan timbunan kalsium di dalam sendi yang dampaknya bisa menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan nyeri leher. Sementara rheumatoid arthritis juga bisa mengakibatkan sakit leher dan terkadang mempengaruhi sendi-sendi leher.

    Gejala Arthritis Leher

    Gejala yang tampak tergantung pada lokasi saraf yang tertekan. Umumnya gejala yang nampak adalah nyeri dan kekakuan pada leher, nyeri bahu, dan kelemahan atau mati rasa di lengan serta\' tangan.

    Rasa sakit yang diakibatkan oleh arthritis leher bisa menjalar juga ke lengan. Selain itu, timbul pula sakit kepala terutama bagian belakang kepala. Gejala lain yang muncul adalah kejang otot leher, nyeri dan kelemahan pada kaki, dan suara klik di leher. Bila keluhan akibat dari rheumatoid arthritis, maka pasien bisa mengalami pembengkakan sendi, nyeri, demam, dan kekakuan sendi.

    Pengobatan

    Untuk mendiagnosis arthritis leher membutuhkan bantuan pemindaian sinar X dan MRI bersama dengan pemeriksaan fisik. Sesudah mengetahui adanya kelainan spesifik tulang leher atau sendi, dokter akan merekomendasikan obat dan terapi fisik yang dibutuhkan.

    Penderita gangguan ini disarankan menggunakan penyangga leher untuk membatasi gerakan leher. Rasa nyeri yang berhubungan dengan gangguan ini bisa diatasi dengan terapi kompres es atau kompres hangat.

    Jika terapi kompres tak menunjukkan hasil yang signifikan maka akan direkomendasikan untuk memakai obat anti-inflamasi non steroid. Selain itu, lakukan pula latihan fisik untuk memperbaiki postur tubuh, latihan peregangan dan penguatan leher yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan kaku pada leher serta\' meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan gerak.

    Dalam kasus yang jarang terjadi, arthritis leher mungkin perlu diatasi dengan operasi guna meringankan tekanan pada sumsum tulang belakang.

    ~doktersehat


      Waktu sekarang Sun Dec 11, 2016 5:21 am