Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Bukan Hanya Matematika, Pencegahan Osteoporosis Pun Ada Rumusnya

    Share

    via

    851
    04.03.09

    Bukan Hanya Matematika, Pencegahan Osteoporosis Pun Ada Rumusnya

    Post  via on Wed Oct 22, 2014 6:15 am


    Bakat' osteoporosis mungkin tak dimiliki semua orang. Namun gaya hidup seringkali mendorong orang jadi rentan mengalami tulang keropos atau bahkan memperparah risiko yang sudah ada. Jangan tinggal diam, lakukan rumus ini agar tulang terlindungi dari pengeroposan.

    "Osteoporosis dapat dicegah dengan KEROPOS, ini singkatan untuk tips mendapatkan tulangyang lebih sehat," papar Dr dr Rizaldy Pinzon, M.Kes, SpS dalam Sarasehan Mengenal Osteoporosis di RS Bethesda.

    K berarti Kalsiumnya cukup. Kebutuhan kalsium harian setiap orang adalah 800-1.200 mg perhari. "Cukupilah kebutuhan itu. Kalau nggak cukup dari sumber-sumber yang sifatnya alami, pakailah suplemen. Tapi ada penelitian baru yang mengatakan sumber yang sifatnya alami dalam bentuk susu, keju, kacang kedelai, ikan, produk susu itu jauh lebih baik daripada mengonsumsi suplemen," terang dokter berkacamata yang akrab disapa dr Pinzon tersebut.

    E = Enyahkan rokok dan kopi. Untuk kopi atau kafein, dr Pinzon menegaskan kopi hanya boleh dikonsumsi tak lebih dari dua gelas dalam satu hari.

    R = Risiko dikenali. dr Pinzon mengingatkan bilamana orang tua mempunyai riwayat pernah mengalami patah tulang atau osteoporosis, atau pada ibu-ibu menstruasinya terlambat dan menopause dini, lebih baik segera periksa.

    O = Obat-obatan tertentu dihindari, terutama steroid (seperti obat gatal, obat alergi, obat maag). dr Pinzon menambahkan bila akan mengonsumsi obat dalam jangka panjang atau lebih dari enam bulan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait dampaknya terhadap risiko keropos tulang.

    P = Pertahankan berat badan ideal. "Jangan diet terlalu ketat karena kalau kurus sekali bisa osteoporosis, karena kehilangan berat badan dalam tempo yang singkat akan menurunkan kualitas tulang. Tapi kalau gemuk sekali juga berisiko osteoarthritis," pesan dr Pinzon.

    O = Olahraga teratur, terutama jenis olahraga yang sifatnya sedikit ada beban dan dilakukan di luar ruangan agar terkena sinar matahari. "Karena selain kalsium, kita butuh vitamin D. Dan sinar matahari itu yang akan mengubah vitamin D yang tidak aktif di dalam tubuh menjadi aktif," jelas dr Pinzon.

    S = Seimbang gizi. dr Pinzon mengatakan untuk memenuhi keseimbangan gizi bagi tulang yang sehat, perbanyaklah makan protein yg baik untuk tulang, dan jangan makan garam terlalu banyak karena garam dapat mengurangi jumlah kalsium yang diserap tubuh.


      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 1:46 pm