Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Mitos Istana Karang di Cirebon, Punya Pintu yang Tembus ke Makkah

    Share

    cisilia35

    18
    03.05.13

    Mitos Istana Karang di Cirebon, Punya Pintu yang Tembus ke Makkah

    Post  cisilia35 on Mon Nov 10, 2014 6:24 am


    Taman Sari Gua Sunyaragi di Cirebon (Afif/detikTravel)

    Tahukah Anda, Cirebon di Jawa Barat punya bangunan bersejarah bernama Taman Sari Gua Sunyaragi atau lebih dikenal Istana Karang. Ada banyak cerita menarik di sini, dari bangunannya yang konon dibangun dari batu karang hingga pintu yang konon tembus ke Makkah.

    Cirebon bisa jadi destinasi menarik untuk liburan. Selain terkenal dengan kuliner nasi jamblang yang menggoyang lidah atau batik dengan motif Megamendung, ada banyak bangunan bersejarah yang asyik untuk didatangi. Salah satunya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi.

    Seperti dilongok dari situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, lokasinya berada di Jl Brigjend Dharsono, Kampung Karang Balong, Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi. Tak perlu kesulitan menuju ke sana, karena masyarakat Cirebon bakal menunjukan jalannya untuk Anda.

    Taman Sari Gua Sunyaragi lebih populer disebut Istana Karang. Mitosnya, bangunan yang dibuat oleh Pangeran Kararangen di tahun 1702 ini menggunakan batu-batu karang yang berasal dari laut selatan Pulau Jawa.

    Jangan heran, tembok dan dinding bangunannya memang terlihat seperti batu karang. Bahkan, teksturnya pun kasar seperti batu karang sungguhan. Konon, pembangunan Istana Karang ini dibantu oleh mahluk gaib. Percaya tak percaya...

    Sunyaragi sendiri merupakan gabungan dua nama, sunya berarti sepi dan ragi punya arti raga. Pangeran Kararangen saat itu membangun Taman Sari Gua Sunyaragi sebagai tempat beristirahat dan bersemedi untuk keluarga Kesultanan Cirebon.

    Buktinya, ada Balai Kambang dan Panggung Budaya yang merupakan tempat beristrahat untuk duduk-duduk. Di sekitar itu juga terdapat danau buatan berukuran kecil.


    Pintu yang konon terhubung ke Makkah dan China (Afif/detikTravel)


    Burung Garuda yang terlilit ular (Afif/detikTravel)


    Bagian utama Taman Sari Gua Sunyaragi (Afif/detikTravel)

    Lalu, Istana Karang ini memiliki 10 gua yang dipakai untuk bersemedi. Masing-masing nama guanya yakni Gua Pengawal, Pande Kemasan, Simanyang, Peteng, Langse, Arga Jumut, Padang Ati, Klangenan, Lawa, dan Gua Pawon. Gua-gua tersebut pun kadang digunakan sebagai tempat berlatih untuk para perajurit Kesultanan Cirebon.

    Di Gua Pande Kemasan, Anda harus lebih menajamkan pandangan. Sebab di bagian dindingnya, terdapat pahatan burung Garuda yang sedang dililit ular. Hingga kini, tidak ada yang tahu apa arti pahatan tersebut. Apakah ada hubungannya dengan fungsi Gua Pande Kemasan yang dulunya digunakan sebagai tempat pembuatan senjata?

    Yang menarik, adalah terdapat dua ruangan kecil yang terbuat dari batu bata dan disebut sebagai pintu. Letaknya ada di bagian belakang dari pintu masuk Taman Sari Gua Sunyaragi. RUangannya kecil, hanya muat untuk satu orang dan tak ada yang istimewa.

    Namun mitosnya, dua ruangan itu disebut-sebut bisa tembus ke Makkah di Arab dan China. Ruangannya hanya boleh dipakai oleh para cendikiawan dan keluarga Kesultanan Cirebon saja untuk menuntut ilmu. Ruangannya gelap dan lembab, Anda pun diizinkan masuk ke dalamnya.

    Taman Sari Gua Sunyaragi sendiri terasa sejuk dan asyik untuk berfoto-foto. Yang disayangkan, Istana Kerang ini seolah kurang terawat. Pagarnya saja dipakai masyarakat setempat untuk menjemur pakaian. Duh


      Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 7:04 am