Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Sering Tak Bisa Tidur Sampai Pagi? Atasi dengan 5 Cara Ini

    Share

    gaby_gracia

    11
    07.09.14

    Sering Tak Bisa Tidur Sampai Pagi? Atasi dengan 5 Cara Ini

    Post  gaby_gracia on Tue Nov 18, 2014 8:13 am


    Tidur merupakan kebutuhan utama manusia yang tak bisa diabaikan begitu saja. Sayangnya dengan berbagai faktor penyebab, sebagian orang seringkali tak bisa tidur dengan mudahnya, bahkan sampai pagi. Bagaimana mengatasinya?

    Berikut beberapa cara mudah yang telah dirangkum detikHealth dari berbagai sumber pada Selasa (18/11/2014) yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah sulit tidur. Bagi Anda yang tak mengalaminya, langkah-langkah ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur lho:


    1. Olahraga malam

    "Untuk memastikan tidur yang baik, sangat penting untuk membuat tubuh terasa cukup lelah dan butuh istirahat," ungkap pakar tidur, Mohammad Hasin.

    Menurut Hasin, berolahraga setidaknya empat jam sebelum waktu tidur Anda sangat disarankan. Namun meskipun demikian, Anda tak perlu memaksakan diri untuk berolahraga terlalu keras pada malam hari. Pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti berjalan, treadmill, bersepeda atau jalan cepat.

    Ketika Anda berolahraga, Anda menggunakan energi dan ketika energi tersebut berkurang, tubuh akan 'meminta' Anda untuk istirahat alias tidur.

    2. Jauh-jauh dari kafein

    Jika sudah tiba waktunya untuk tidur, sebisa mungkin hindari konsumsi kafein dari kopi, minuman beralkohol maupun dari rokok.

    Kafein merupakan stimulan yang dapat membuat tubuh Anda tetap waspada. Konsumsi kafein juga dapat meningkatkan produksi adrenalin. Jadi, usahakan untuk menghindari konsumsi kafein dalam bentuk apapun pada malam hari.

    3. Dengarkan musik favorit

    Mengapa para ibu atau ayah terbiasa menyanyikan lagu pengantar tidur pada anak-anaknya menjelang waktu tidur? Ini karena musik yang disukai memiliki hubungan sangat erat dengan tidur yang lebih nyenyak.

    Pakar kesehatan, Vishal Chandra, menyebutkan bahwa musik yang indah dan sederhana menempatkan pikiran\' Anda dalam fase istirahat atau rileks. Oleh sebab itu, melakukan kebiasaan ini sebelum tidur membantu membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak sepanjang hari.

    4. Teknik 'menghitung'

    Biasanya teknik menghitung yang digunakan adalah dengan menghitung domba. Meskipun terdengar klise, namun beberapa penelitian telah membuktikan bahwa menghitung atau memecahkan soal matematika dalam pikiran\' secara perlahan-lahan membantu membuat Anda tidur lebih cepat.

    "Soal rumit seperti ini biasanya akan 'memaksa' otak untuk bekerja dan Anda tanpa sadar ingin istirahat. Namun cara yang lebih baik adalah dengan metode santai seperti menghitung domba, yang sudah sering dilakukan. Dengan cara ini, Anda akan fokus pada hal-hal yang menyenangkan dan efeknya tidur Anda menjadi lebih baik," papar Hasin.

    5. Mandi dengan air hangat sebelum tidur

    Agar tubuh terasa lebih rileks, tak ada salahnya Anda mencoba untuk mandi dengan air hangat sebelum tidur. Lakukan hal ini setidaknya 30 menit sebelum tidur.

    Jika memungkinkan, tak ada salahnya langkah tersebut dilanjutkan dengan minum segelas susu rendah lemak hangat atau air putih hangat.

    Yang paling penting, biarkan kamar tidur dalam kondisi gelap dan tenang. Jauhkan gadget atau ponsel dari jangkauan Anda. Jika cara-cara ini sudah Anda lakukan namun masih sulit tidur, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.


      Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 5:25 am