Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Mau Otak Tetap Sehat? Tinggalkan 10 Kebiasaan Buruk Ini

    Share

    lea

    383
    Age : 31
    08.03.09

    Mau Otak Tetap Sehat? Tinggalkan 10 Kebiasaan Buruk Ini

    Post  lea on Thu Dec 04, 2014 5:59 am


    Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna diciptakan oleh Tuhan, karena dari seluruh makhluk hidup otak manusialah yang paling sempurna dan komplit. Otak manusia terdiri dari 100 miliar saraf yang masing-masing terkait dengan 100 ribu saraf lainya, maka tak heran jika otak merupakan organ yang sangat vital bagi manusia karena disana merupakan pusatnya sistem saraf.

    Ukuran otak sendiri hanya sebesar 2 persen dari keseluruhan berat badan manusia, bisa anda bayangkan betapa hebatnya otak kita. Walaupun organ ini sangat penting bagi manusia, namun masih banyak orang yang tidak menyadari untuk pentingnya menjaga kesehatan otak.

    Nah, tanpa anda sadari ternyata 10 kebiasaan buruk yang sering dianggap sepele ini ternyata bisa merusak otak. Penasaran ? yuk baca tulisan dibawah ini.

    1. Tidak sarapan

    Sarapan pagi sangatlah penting untuk kesehatan otak kita, karena sebelum beraktvitas tentunya otak membutuhkan nutrisi yang cukup sehingga bisa bekerja dengan baik. Nah, apabila anda melupakan sarapan pagi maka kadar gula didalam darah akan rendah sehingga menyebabkan otak kekurangan nutisi. Akibat kurang suplai nutrisi terutama glukosa, akhirnya kemampuan otak akan cepat menurun.

    2. Makan berlebihan

    Ada anjuran yang menyatakan bahwa “makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang”. Yup hal itu memang benar, karena makan yang berlebihan bukan saja tidak baik bagi tubuh tetapi juga mempengaruhi kesehatan otak anda. Sikap yang terlalu berlebihan bisa mengeraskan pembuluh darah di otak yang akhirnya dapat menurunkan kekuatan mental. MENTALITY DESTROYER

    3. Merokok

    Merokok pasif ataupun aktif sama bahayanya, zat kimia yang terkandung didalam asap rokok bisa berdampak buruk bagi kesehatan khususnya untuk organ otak. Merokok bisa membuat sel-sel saraf akan menyusut pada bagian hippocampus dan korteks depan, dimana bagian tersebut berfungsi untuk menyimpan ingatan.

    4. Konsumsi gula berlebih

    Gula memang dibutuhkan oleh tubuh, namun apabila mengkonsumsinya terlalu berlebihan bisa membuat kesehatan otak terganggu. Mengkonsumsi gula secara berlebihan bisa menggangu proses penyerapan protein dan nutrisi sehingga tubuh akan mengalami kekurangan gizi, yang akhirnya akan menggangu perkembangan otak.

    5.Polusi udara

    Otak tentunya membutuhkan oksigen agar tetap terjaga kesehatannya. Namun apabila udara yang kita hirup ternyata sudah tercemar oleh polusi maka hal ini bisa mengurangi suplai oksigen ke otak, yang mana hal ini akan mengurangi efesiensi otak didalam bekerja. Selain mempengaruhi kesehatan otak, polusi udara juga bisa membunuh anda secara perlahan.

    6. Kurang tidur

    Kurang tidur tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, namun juga mempengaruhi kesehatan otak. Otak juga memerlukan istirahat, maka apabila seseorang kekurangan tidur hal tersebut sama saja dengan membunuh sel otak secara perlahan. Karena tidur adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan otak.

    7. Menutup kepala saat tidur

    Pernakah anda menutup kepala saat tidur ? jika iya, hentikanlah mulai dari sekarang karena kebiasaan tersebut bisa membuat otak menjadi rusak. Tidur dengan kepala ditutup bantal akan meningkatkan kosentrasi karbondioksida ke otak. Saat bernafas dengan kepala tertutup, karbondioksida hasil bernafas akan masuk kembali ke dalam tubuh dan hal itu sangat berbahaya.

    8. Tetap bekerja dalam keadaan sakit

    Banyak orang yang memaksakan diri bekerja walaupun kondisi tubuhnya tidak fit atau sakit. Kebiasaan seperti ini tanpa mereka sadari bisa merusak sel-sel otak.

    9. Jarang berbicara

    Pepatah mengatakan bahwa “diam itu emas”, yup memang benar. Walupun pendiam bukan berarti harus jarang bicara, karena seseorang yang jarang berbicara tanpa disadari akan membuat sel-sel otaknya mati secara perlahan-lahan. So, sebisa mungkin usahakan untuk melakukan percakapan dalam sehari, apalagi percakapan yang berbau intelektual.

    10. Jarang menstimulasi pikiran\'

    Berpikir adalah cara paling baik untuk melatih otak. Kurang menstimulasi otak dengan berbagai hal akan menyebabkan otak menyusut. Sel-sel otak akan mati karena tidak ada sesuatu yang membuat otak berkembang.Maen Rubik Gan ato puzzle sama TTS juga bisa

    Itulah 10 kebiasaan buruk yang sering dianggap sepele oleh sebagian orang dan ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia, terutama kerusakan otak.


      Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 5:26 am