Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Ketahui Fakta tentang Tanggal Kedaluwarsa Makanan

    Share

    nailahakimah

    14
    13.11.13

    Ketahui Fakta tentang Tanggal Kedaluwarsa Makanan

    Post  nailahakimah on Fri Dec 19, 2014 6:18 am


    TANGGAL kedaluwarsa sering menjadi patokan untuk mengetahui kesegaran makanan. Saat Anda tidak menyadari masa kesegarannya, makanan akan berakhir di tong sampah dan menjadi salah satu faktor banyaknya makanan terbuang percuma.

    Mungkin Anda termasuk salah satu di antara yang kaku terhadap tanggal kedaluwarsa. Begitu banyak tanda yang mengatur tanggal kedaluwarsa makanan, seperti “Used by" dan "Best by", yang menandakan masa puncak kesegaran makanan. Beda halnya " Sell by”, yakni tanggal penjualan atau pembuatan makanan untuk produsen serta\' pengecer, dan bukan konsumen.

    Tanggal-tanggal tersebut tidak menunjukkan masa kedaluwarsa dan pembusukan sehingga tidak ada sinyal makanan tidak aman dikonsumsi. Beda halnya yang ditunjukkan pada “Expired date”, yang berarti tanggal kedaluwarsa produk.

    Kebanyakan produsen mulai menjual barang-barangnya mendekati tanggal tersebut. Lucunya, masyarakat justru menyukai makanan yang hampir kedaluwarsa yang kemudian didiskon. Sebelum membuang makanan hanya karena tanggal yang dicantumkan, pelajari panduan untuk makanan tertentu tentang masa kesegarannya, seperti diulas The Vivant:

    Telur
    Jika Anda menyimpan telur di dalam kulkas, kesegarannya bisa bertahan 3-5 pekan setelah dibeli.

    Makanan kalengan
    Kesegaran makanan kaleng bisa bertahan hingga setahun seperti yang tertera sebagai tanggal kedaluwarsa di kemasan. Beberapa pendapat mengatakan bahwa makanan kaleng akan baik-baik saja bahkan setelah tanggal kedaluwarsa. Alasannya, makanan kaleng dikemas secara vakum alias hampa udara sehingga daya tahannya bisa lebih lama dari yang tertera sebagai tanggal kedaluwarsa.

    Apel
    Kesegaran dan kerenyahan buah apel bisa bertahan selama tiga pekan jika disimpan di dalam kulkas. Jika apel telah masak lalu dibekukan, daya tahannya bisa hingga delapan bulan.

    Sereal
    Seral yang siap olah menjadi sarapan bisa bertahan di dapur tanpa rusak hingga masa setahun. Meskipun Anda tidak menyadari menyantapnya setelah masa kedaluwarsanya berakhir, makanan ini tidak akan menyebabkan sakit.

    Daging
    Disarankan untuk mengonsumsi daging 3-5 hari setelah dibeli untuk mendapatkan kualitas terbaik meski disimpan dalam chiller. Jika Anda membekukannya, kesegarannya bisa bertahan sampai dua bulan atau lebih dengan nutrisi yang masih penuh.


      Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 9:35 pm