Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Bunga Lavender

    Share

    flade

    936
    23.09.09

    Bunga Lavender

    Post  flade on Sun Jan 11, 2015 1:09 pm


    Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah sebuah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Tanaman ini juga menyebar di Kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Perancis selatan), Arabia, dan India. Karena telah ditanam dan dikembangkan di taman-taman di seluruh dunia, tumbuhan ini sering ditemukan tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.




    Menanam Bunga Lavender di Rumah Yuk!

    Bunga Lavender berasal dari Eropa yang kemudian diadopsi ke Indonesia. Warga ungunya yang menawan, memikat hati banyak perempuan untuk merawatnya.

    Tentu tak hanya warna cantiknya yang mampu memikat, khasiat tumbuhan ini juga membuatnya makin dicinta. Dengan hanya menggosokkan bunga ke kulit, aroma wangi yang ditinggalkan tak hanya merilekskan pikiran\'\'\' namun juga mantap sebagai anti nyamuk.

    Nah begitu khasiat hebatnya diketahui manusia modern, bunga ini akhirnya memasuki tahap perkebunan. Tingginya permintaan industri akan bunga ini, membuat banyak petani beralih berkebun bunga lavender. Hasilnya bahkan dipandang lebih fantastis dibanding dengan bertanam jagung atau lainnya.

    Bunga Lavender (Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae), paling banyak ditemukan di wilayah Perancis. Masyarakat sekitar menggunakannya sebagai parfum, perlengkapan upacara keagamaan (ritual) dan tanaman obat sejak zaman Romawi kuno. Sebutan bunga lavender bagi orang Roma adalah lavare yang artinya menyegarkan.

    Apakah bisa atau tidak bunga lavender di tanam di rumah? sebenarnya bunga ini memang akan sangat bagus jika ditanam di ketinggian 600m-1300m dpl, tapi tidak menutup kemungkinan bisa di tanam di sekitar rumah kita karena tanaman ini sebenarnya sangat menyukai iklim yang kering untuk tumbuhnya.

    Fase Pertama dari penanaman lavender adalah fase persemaian. Fase ini fase yang sulit dan sangat krusial pada penanaman lavender. Kegagalan dalam proses penanaman lavender banyak terjadi pada fase persemaian ini. Setelah kita mendapat biji/bibit bunga lavender, biji tersebut kita tebar ke kompos. Pemilihan kompos sangat penting, tidak boleh kering, dan padat haruslah kompos yang gembur dan tidak berpasir.

    Pemilihan kompos akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan menanam lavender, kompos yang baik akan memperbesar kemungkinan lavender tumbuh dengan baik. Setelah biji ditebar di kompos,kita harus menyiraminya setiap hari 2 kali sehari, bahkan lebih jika perlu. Kompos dan biji lavender jangan dibiarkan sampai kering. Kemudian peletakkannya juga diusahakan agar tidak terkena sinar matahari langsung atau terlalu banyak.

    Setelah 1-2 minggu biji akan mulai berkecambah dan dapat kita pindahkan ke pot yang lebih besar di tanah gembur yang dicampur dengan kompos. Jangan letakkan lavender di tanah yang liat dan keras karena tanaman ini membutuhkan aerisasi (sirkulasi udara) di akarnya sehingga sangat dibutuhkan tanah yang gembur. Lavender harus sering kita sirami dan lihat keadaan tanahnya jangan sampai tanahnya kering. Setiap 2 minggu sekali tanaman dapat kita berikan pupuk, pupuk yang digunakan tidak boleh pupuk kimia, karena tanaman ini tidak suka pupuk kimia. Dapat kita gunakan pupuk kompos untuk membuatnya tumbuh lebih baik.

    Lavender yang sudah tumbuh sekitar 10 cm harus sering kita letakkan di tempat yang banyak terkena sinar matahari namun juga tetap harus sering disiram dan jangan sampai tanahnya kering. Jika ingin memindahkan ke area yang lebih besar, lavender dapat dipindah setelah berukuran 15 cm agar tanaman sudah sedikit lebih kuat (batangnya sudah berkayu). Lavender juga tergolong tanaman yang handal dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Lavender akan mulai berbunga setelah 1 tahun penanaman dan wanginya juga akan mulai tercium.

    Tertarik mencobanya? Selamat menanam lavender di rumah anda! Very Happy


    ~wikipedia, 2013.indonesiamenanam.com


      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 2:42 pm