Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    ~ Kampung Mangga ~

    Share

    kuning

    557
    07.10.09

    ~ Kampung Mangga ~

    Post  kuning on Fri Oct 23, 2015 7:26 pm

    Mengenal Buah Mangga

    Mangga merupakan salah satu jenis buah yang keberadaannya melimpah di indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kemudian harganya lebih murah ketimbang buah lainnya seperti apel, anggur atau strawberry. Meski murah, tapi bukan  berarti rasanya kalah dari buah lain. Secara umum, sensasi rasa buah mangga adalah  perpaduan rasa manis dan juga asam. Semakin matang maka rasa manisnya akan mengalahkan rasa asamnya. Manfaat mangga bersumber dari kandungan senyawa yang ada di dalam daging buahnya. Selain memahami kandungan dan manfaat buah mangga,  penting juga untuk memahami klasifikasi buah mangga.

    Sejarah Pohon Mangga

    Pohon mangga bernama ilmiah mangifera indica. Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga.  Nama ilmiahnya sendiri kira – kira mengandung arti pohon yang berbuah mangga, berasal dari india”.
    Berasal dari sekitar perbatasan india dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah seperti palem atau poh.


    Dalam kajian ilmu pengetahuan khususnya ilmu biologi, penyusun tata nama makhluk hidup akan memudahkan mereka yang hendak mengkaji sifat dan karakteristik makhluk hidup tersebut. Demikian halnya dengan buah mangga. Pengkelompokannya tak lain bertujuan untuk memahami karakternya secara tepat dan benar. Adapun klasifikasi  buah mangga dalam tata binominal adalah sebagai berikut : 

    Kingdom : Plantae (makhluk hidup berupa tumbuhan) 
    Subkingdom : Tracheobionta (tumbuhan yang berpembuluh) 
    Super divisi : Spermatophyta (tumbuhan yang menghasilkan biji) 
    Divisi : Magnoliophyta (tumbuhan yang bisa berbunga) 
    Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua ) 
    Sub kelas : Rosidae 
    Ordo : Sapindales 
    Famili : Anacardiaceae 
    Genus : Mangifera 
    Spesies : Mangifera indica L

    Ciri ciri pohon mangga


    1. Akar pohon mangga

    Pohon mangga memiliki Akar Tunggang, jenis akar ini dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua (dikotil). Fungsinya akar adalah agar pohon dapat menyerap air untuk kelangsungan hidup, akar juga berfungsi untuk menunjang berdirinya tumbuhan agar tumbuhan berdiri kokoh.  Selain itu akar pohon juga berfungsi sebagai alat pernapasan dan sebagai penyimpanan makanan cadangan pada pohon.

    2. Batang pohon mangga

    Pohon mangga memiliki ciri batang berkayu, batang berkayu memiliki kambium. kambium mengalami dua arah pertumbuhan yaitu arah dalam dan arah luar. Ke arah dalam cambium membentuk kayu, sedangkan ke arah luar membentuk kulit. Fungsi batang adalah untuk menopang, pengankut air dan zat makanan, penyimpanan makanan cadangan, serta\'\'\' sebagai alat berkembangbiak.

    3. Daun pohon mangga

    Daun pohon mangga berbentuk menyirip. Tulang daun jenis ini memiliki susunan seperti sirip – sirip ikan. Fungsi daun adalah pembuatan makanan, pernapasan, dan penguapan.

    4. Bunga pohon mangga

    Berbentuk bulir hujung, dengan panjangnya sebanyak 1-040 sentimeter. Saiz setiap bunga kecil sahaja dan berwarna putih, dengan lima kelopak sehingga 5 – 10 milimeter panjangnya. Bau bunga ini sedikit harum seakan – akan bau lili. Selepas kelopak bunga luruh, buahnya memakan masa 3 – 6 bulan untuk masak.

    5.Buah


    Buah mangga termasuk kelompok buah batu yang berdaging. Panjang buah kira-kira 2,5-30 cm.Bentuk buah ada yang bulat, bulat telur atau memanjang dan ada juga yang bentuknya pipih. Warnanya bermacam-macam, ada yang hijau, kuning, merah atau campuran. Pada bagian ujung buah,ada bagian yang runcing yang disebut paruh. Diatas  paruh ada bagian yang membengkok yang disebut sinus, yang dilanjutkan kebagian  perut. Bagian belakang disebut punggung. Kulitnya tebal dan ada kelenjer, dagingnya tebal dan ada yang kuning tergantung jenisnya. Daging buah ada yang besar dan ada  juga yang tidak besar, ada yang berair dan ada yang tidak berair, ada yang manis dan ada yang kurang manis.



    Selain dalam ilmu biologi, dalam keseharian kita terdapat pula klasifikasi buah mangga. Pengelompokannya biasanya didasarkan pada bentuk biah dan juga warnanya.
     
    Pengklasifikasian ini dimaksudkan agar kita bisa membedakan jenis mangga yang satudengan yang lain. Adapun klasifikasi buah mangga antara lain : 

    1) Buah mangga Madu afrika


    mangga "Madu Afrika" yang dijual masih dalam kotak kadus kemasan aslinya lengkap dengan label yang bertuliskan CULTIVAR: TOMMY ATKINS - SOUTH AFRICA

    Informasi ini ternyata bukan saja menjelaskan jenis kultivar sebenarnya dari "mangga Madu Afrika"  tetapi juga mengungkap betapa besarnya potensi nilai ekonomi dari mangga berkulit hijau - kuning - merah ini sehingga petani di negara Afrika Selatan mau menanamnya untuk di ekspor ke luar negeri, termasuk salah satunya ke Indonesia.

    Tommy Atkins sejatinya adalah mangga yang banyak tumbuh di Hawaii dan Florida. Dalam perdagangan global meskipun kultivar mangga ini bukanlah mangga dengan kualitas yang terbaik, namun di Inggris dan Amerika Serikat, sekitar 80% dari seluruh jumlah mangga yang dipasarkan adalah mangga dari kultivar Tommy Atkin


    2) Buah mangga Arumanis.


    Sama seperti namanya, buah ini memang harum dan juga manis. 3) Buah mangga Manalagi. Buah mangga yang satu ini memiliki rasa yang lezat makannya dinamai manalagi, yang berarti sekali mencoba akan minta lagi. 


    3.Mangga Irwin


    mangga Irwin yang ada di Indonesia berasal dari Darwin Australia Utara. kala itu ia dimintai tolong oleh pegawai dep. pertanian (ane lupa instansi dan tahunnya) yang baru pulang kunjungan dinas dari Darwin, Australia untuk menyilangkan bahan okulasi mangga yang dia bawa dari Australia dengan mangga lokal. Setelah berhasil okulasi dengan jenis mangga lokal, Bp. Yosi kebingungan untuk memberi nama pada bibit mangga tersebut maka timbulah ide dengan memberi nama bibit mangga tersebut "Irwin" yang merupakan plesetan dari kata "Darwin" asal dari bahan okulasi yang dibawa pegawai Deptan.

    Ciri-ciri mangga Irwin
    Buah mangga Irwin berwarna merah pada pangkal buah, warna kuning di tengah serta\'\'\' warna hijau pada ujung buah. Warna merah muncul karena keberadaan hormon antosianin yang berasal dari glukosa yang diubah oleh sinar matahari bergelombang pendek-100-200 mµ-yang tak kasat mata.

    rasa irwin nano-nano alias campur aduk manis dan asam, tapi enak. Jika dipanen matang, kualitas buah menurun. Tekstur lembek dan becek. Jika diangkut, buah gampang rusak.

    Daging buah yang teksturnya padat agak berair. Serat cukup halus dan terasa sedikit bertepung-tanda kandungan pati lumayan tinggi. Rasa manis berkat kadar gula 12-15o briks serta\'\'\' sensasi asam yang menyergap bagian samping belakang lidah. Mangga Irwin di Majalengka panen raya pada Oktober-Januari.


    4.mangga chokanan

    Mangga chokanan ini banyak dibudidayakan dengan sistem tabulampot atau tanaman buah dalam pot. secara genetis ia memang termasuk tanaman buah genjah yang sangat mudah berbuah meski tidak dipelihara secara serius. JIka ditanam di dalam pot, dan bibitnya diperoleh dari hasil okulasi, mangga chokanan akan berbuah di usia 3 sampai 4 bulan. Meski tidak manja, namun pohon mangga chokanan juga tentu memerlukan langkah pemupukan yang teratur dan tepat agar hasil buahnya maksimal. Kabarnya, varietas ini memang gampang berbuah dan jika ditanam dengan sistem budidaya utuh maka ia bisa menghasilkan kira-kira 120 kilogram buah per pohon per tahunnya!Jika Anda berniat menanam mangga chokanan dalam pot, pastikan Anda membeli bibit buah mangga chokanan yang benar.


    5.Mangga Kelapa

    Mangga ini beratnya dapat mencapai 1 kg. Panjang tangkai buahnya dapat mencapai 0,5 m dan setiap tangkai hanya digantungi satu buah. Mangga yang berukuran istimewa ini diduga berasal dari Medan, Sumatera Utara. Buahnya berbentuk bulat seperti apel dan berwarna hijau. Daging buahnya tebal, teksturnya lunak tak berserat, dan kandungan airnya banyak. Rasanya manis dan segar. Bijinya relatif kecil bila dibandingkan ukuran buahnya. Mangga ini mampu berbuah sepanjang musim. Jenis mangga ini berprospek cukup baik sebagai bahan baku industri pembuatan sari buah atau produk olahan yang lain karena daging buahnya relatif banyak. Sayangnya, mangga ini kurang populer karena termasuk langka.



    1. Mengurangi Sakit Diabetes Angiopathy


    Diabetes Angiopathy merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan. Penyakit ini menyerang pembuluh darah sang penderita di sekitar pankreas. Namun, dengan daun mangga ini, anda bisa mengurangi sakit penderita Diabetes Angiopathy ini. Anda bisa menggunakan daun mangga sebagai serbuk, lalu dijadikan teh yang nantinya anda seduhkan untuk penderita Diabetes tersebut.

    2. Sebagai Penurun Tekanan Darah Tinggi


    Tak banyak orang yang tahu, bahwa daun mangga juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi teh yang dicampur dengan serbuk daun mangga dapat mengurangi tekanan darah.

    3. Menyegarkan Tubuh dan Mengobati Gelisah

    Daun Mangga juga dapat bermanfaat bagi anda yang merasa gelisah. Untuk menghilangkan hal tersebut, caranya cukup mudah. Tambahkan dua hingga tiga cangkir teh daun mangga kedalam air mandi anda. Mandilah seperti biasa, maka setelah mandi anda akan merasa lebih segar dan rasa gelisah berkurang. Mandi herbl ini sangat dianjurkan untuk mengurasi rasa pegal dan juga loyo.

    4. Penyubur Suami Istri

    Salah satu manfat daun mangga yang juga jarang diketahui khalayak umum. Daun mangga juga memiliki fungsi untuk menyuburkan pasangan suami istri. Caranya cukup mudah, silahkan haluskan dua siung bawang merah dan juga daun mangga secukupnya. Lalu campur dengan setengah gelas air hangat, lalu seduhkan. Minum ramuan tersebut secara rutin.

    5. Mengobati Asam Urat

    Daun mangga selain untuk mengobati diabetes, anda juga dapat memanfaatkannya untuk mengobati asam urat. Caranya cukup mudah, seduh daun mangga dalam air panas, lalu seduhkan. Ramuan dapat ditambahkan madu ataupun gula secukupnya. Anda juga bisa menghaluskan daun mangga untuk memudahkannya.

    6. Membantu meringankan penyakit batuk dan pilek.


    7. Membantu meringankan penyakit asma.

    Cara Merawat Pohon Mangga


    Penyiangan

    Penyiangan atau pembersihan rumput atau gulma di sekitar pohon mangga yang telah dicabut dapat dibenamkan pada tanah sekitar pohon atau dibuang ke tempat lain agar tidak tumbuh lagi. Penyiangan biasanya dilakukan pada waktu penggemburan dan pemupukan.

    Penggemburan atau Pembubunan
    Tanah yang padat di sekitar pangkal batang pohon mangga perlu digemburkan, penggemburan ini berfungsi untuk mempercepat akar menjalar, air dapat dengan cepat diserap oleh akar dan memberikan ruang udara masuk ke tanah. Penggemburan sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan.

    Perempelan/Pemangkasan

    Pemangkasan pohon mangga bertujuan untuk membentuk kanopi yang baik dan meningkatkan
    produksi. Ketika bibit tanaman telah mulai bertunas perlu dilakukan pemangkasan. pemangkasan yang baik adalah padas setiap cabang / dahan pohon mangga sebaiknya hanya terdapat 3–4 tunas saja. Tunas tersebut dipilih yang bisa menghasilkan batang yang bagus juga nantinya.

    Tunas dipelihara selama kurang lebih 1 tahun saat tunas-tunas baru tumbuh kembali atau pada saat tunas lainnya muncul kembali. setelah tunas kedua muncul kira-kira 50-80 cm, pada saat ini dilakukan pemangkasan kedua dengan meninggalkan 2-3 tunas. dan lakukan kembali pemangkasan ketiga saat tunas memiliki panjang 50-80 cm dilakukan dengan cara yang sama dengan pemangkasan ke-2.

    Jadi intinya adalah, dari pangkal pohon mangga ke dahan atau cabang hanya memiliki 3-4 cabang (primer) dan akan menghasilkan batang sekunder, dan dari 3 cabang batang sekunder tersebut di pangkas sekitar 50-80 cm, maka akan menghasilkan 3-4 batang (tersier). Jadi pohon mangga akan memiliki 3 cabang primer, 3 batang sekunder, 3 cabang tersier.

    Pemupukan pohon mangga

    a) Pupuk organik
    1. Umur tanaman 1-2 tahun: 10 kg pupuk kandang, 5 kg pupuk kandang.
    2. Umur tanaman 2,5–8 tahun: 0,5 kg tepung tulang, 2,5 kg abu.
    3. Umur tanaman 9 tahun: tepung tulang dapat diganti pupuk kimia SP-36, 50 kg pupuk kandang, 15 kg abu.
    4. Umur tanaman > 10 tahun: 100 kg pupuk kandang, 50 kg tepung tulang, 15 kg abu.

    Pupuk kandang yang dipakai adalah pupuk yang sudah tercampur dengan tanah. Pemberian pupuk dilakukan di dalam parit keliling pohon sedalam setengah mata cangkul (5 cm).

    b) Pupuk anorganik

    1. Umur tanaman 1-2 bulan : NPK (10-10-20) 100 gram/tanaman.
    2. Umur tanaman 1,5-2 tahun: NPK (10-10-20) 1.000 kg/tanaman.
    3. Tanaman sebelum berbunga: ZA 1.750 gram/tanaman, KCl 1.080 gram/tanaman.
    4. Tanaman waktu berbunga : ZA 1.380 gram/tanaman, Di kalsium fosfat 970 gram/tanaman, KCl 970 gram/tanaman.
    5. Tanaman setelah panen: ZA 2700 gram/tanaman, Di kalsium fosfat 1.940 gram/tanaman, KCl 1.940 gram/tanaman.

    Peningkatan Kuantitas Buah

    Untuk meningkatkan kualitas buah mangga agar bunga dapat berbuah dengan lebat dapat dilakukan dengan penyemprotan polinator maru atau menyemprotkan serbuk sari diikuti pemberian 300 ppm hormon giberelin. Dengan cara ini, persentase pembentukan buah yang dapat dipanen dapat ditingkatkan menjadi 1,3% dari 0,03%.


      Waktu sekarang Sun Dec 11, 2016 11:10 am