Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Macam Genre Musik Dugem!

    Share

    alia

    79
    18.09.11

    Macam Genre Musik Dugem!

    Post  alia on Sun Jan 03, 2016 1:26 am


    Siapa sih sekarang yang belumpernah dengar namaDavid Guetta atau Calvin Harris? Mereka salah sedikit dari sekian banyak DJ yang sudahmempopulerkan electronic dance music (EDM) alias musik dugem di tangga musik arus utamaberbagai radio dunia. Tapi kamu tahu nggak kalauEDM itu punya banyak genre? Beberapa di antaranyapantas bangetbuatkamu eksplorasi!

    Kali ini, Hipwee bakal membahas tentang macam-macam genre yang ada di EDM. Mending langsung kamu baca — siapa tahu ada genre dan DJyang ternyata sesuai sama selera musikmu?

    1. House music

    House musicsendiri merupakan genre dalam musik EDM yang paling banyak diterima oleh publik. Hampir semua musik Top 40 dipengaruhi house music, begitu pula sebaliknya. Genre musik iniberasal dari kota Chicago, Amerika. Kata “house” sendiri diambildari nama sebuah kelab malam di kota itu, The Warehouse.

    Ciri khas house music adalah tempo yangupbeat, groovy dan kadang didominasi oleh kord piano dengan temposekitar 126-128 beats per minute (BPM). Saking populernya, genre inipunya berbagai macam sub-genre tersendiri:


    • Acid House:House music dengan sedikit pengaruh trance dan techno.Temponya sedikit lebih cepat daripada musik dari genre yang samapada umumnya. Biar lebih paham, coba dengartrack dari James “Jack Rabbit” Martinyang ini.
    • Electro House:Deadmau5, David Guetta danZedd merupakan sebagian DJ Electro House yang sedang naik daun. Hampir semua musik Electro House memiliki “drop”, seperti track milik StrobemilikDeadmau5ini.
    • Dutch House: dari namanya sudah terlihat kalo sub-genre ini berasaldari negeri Belanda. Dutch House sendiri merupakan salah satu sub-genre yang mulai populer, bahkan di Indonesia juga. Biar lebih ngeh, dengerin deh trackdari Hardwell – SpacemandanChuckie & Junxterjack – Make Some Noiseini.
    • Progressive House: ciri khas dari sub-genre ini adalah tempo musik yang semakin meningkat, hampir mirip dengan musik trance.Cobadengerin track dari CLMD – Black Eyes & Blueatau Calvin Harris – Summer yang sekarang lagi hits.
    • Deep House:ini merupakan sub-genre yang bisa dibilang paling chill. Musik Deep House sering dimainkan di cafe ataukelabyang memiliki atmosfer santai. Contohnya? Coba dengerNoir & Haze – Around, Oliver Helden – Gecko, dan Faul & Wad Ad VS Pnau – Changes.


    2. Trance

    Trance merupakan genre EDM yang berkembang di Jerman pada awal dekade 90-an. Karakteristik utama musikiniialah tempo yang berkisar dari 125-160 BPM sertaalur yang naik turun. Secara harfiah, tranceberartikeadaan ketika kamu berada di alam bawah sadar. Sesuai namanya, musik tranceinibisa bikin kamu terhipnotis dan merasa senang atau sedih. Sensasi emosional ini tercipta melalui kombinasiberbagairitme dan layermusik, dengan melodi dan vokal yang repetitif.

    Kalau kamu penasaran, coba deh dengerin beberapa musik trance yang ada di bawah ini:


    • Armin Van Buuren feat. Miri Ben Ari – Intense
    • BT – Skylarking
    • Above & Beyond – Alchemy
    • Neelix – Wherever you are


    Udah memutar semuanya? Kemungkinan besar kamu bakal memperhatikan kalaumusik trance itu banyak ragamnya. Tinggal pilih sub-genre mana yang pas di telinga kamu.

    3. Techno

    Genre inisendiri muncul di Detroit pada awal 1980. Sebagai bagian dari EDM, ciri khas musik techno ialah penggunaan berbagai teknologi baru dalam dunia musik. Sebagian besar musik techno merupakan kombinasi synthesizer, hentakan drum, sertasequencer.

    Di bawah ini adabeberapa DJ yang dikenal denganpengaruh techno di setiap setnya:


    • Carl Cox
    • Adam Bayer
    • Richie Hawtin


    Techno juga punya sub-genre, yaitu minimal techno. Minimal technomenggunakansampling musik yang lebih sedikit dan repetitif. Mottonya: less is more. Tertarik? Coba dengarkan Droplex – Dance dan Daniel Portman – Rock the Funk.

    4. Dubstep

    Dubstep pertama kali diperkenalkan di London pada akhir tahun 90-an. Musik inipunya sound yangkhas serta\'\' komposisi bass yang nggak beraturan dan terdistorsi.

    Dubstep tidakcuma dimonopoli sama Skrillex aja. Ada banyak musisi dubsteplain yang harus kamu dengarkan. Coba deh simakbeberapa track ber-genre dubstep yang ada di bawah ini:


    • Knife Party – Centipede
    • Flux Pavillion – I can’t stop
    • Mount Kimbie – Carbonated (post-dubstep)



      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 7:17 pm