Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Madu Disemutin...Asli ga?

    Share

    flade

    936
    23.09.09

    Madu Disemutin...Asli ga?

    Post  flade on Sun Apr 24, 2016 8:44 pm


    Madunya kok disemutin? Katanya madu asli tidak disukai semut. Banyak sekali orang berpendapat demikian. Tapi faktanya, pendapat ini adalah salah.

    Fakta yang benar, semut suka madu. Selain vitamin dan mineral didalam madu, sebagian besar senyawa pembentuk madu adalah karbohidrat (zat gula), yaitu fruktosa (sekitar 38,2%) dan glukosa (sekitar 31,3%). Dari zat gula ini lah rasa manis madu berasal. Dan semut menyukai rasa manis ini.

    Semut merupaka salah satu hama dari peternakan lebah madu. Semut memakan madu, tempayak, lilin, dan sisa pakan lebah yang ada dalam sarang lebah.

    Berdasarkan penjelasan diatas, jelas bahwa pada dasarnya semut suka makan madu. Jadi, kalau madu disemutin, tidak berarti madu itu palsu. Adapun yang mengatakan semut tidak suka madu tidak berdasarkan penelitian dan hanya menurut kabar burung saja yang tidak jelas, dan hanya menduga-duga tanpa berdasarkan penjelasan yang ilmiah.


    Pendapat Para Ahli tentang Madu Asli dan Semut :

    Menurut B. Sarwono, pengarang buku "Kiat Mengatasi Permasalahan Praktis Lebah Madu" terbitan PT. Agromedia Pustaka, Jakarta. Di halaman 80 mengatakan bahwa : " kehadiran semut di sarang lebah madu dapat merugikan produksi, karena serangga itu memakan madu, tempayak, lilin dan sisa-sisa pakan lebah".

    Di tulis dalam buku "Lebah Madu : Cara Beternak dan Pemanfaatannya" hal 57 keluaran Pusat Perlebahan Apiari Pramuka atau yang sekarang menjadi Madu Pramuka, Penerbit Penebar Swadaya, Cimanggis, Depok, dikatakan : "semut secara alami terdapat dimana-mana, jika kehadirannya sedikit semut tidak banyak mengganggu. Sebaliknya bila jumlahnya banyak, semut akan menjadi hama bagi lebah. Pada serangan yang berat, lebah akan hijrah".

    Menurut Prof. Dr. H. Andi Mappatoba Sila, PHD dalam (Buku Pengobatan Produk Lebah Madu dan Apitherapy) menjelaskan "Gula dan Karbohidrat Alami yang Paling di Sukai Semut Adalah Madu".

    Jadi bisa diambil kesimpulan : "SEMUT SUKA DENGAN MADU" dan tak hanya mengerumuni Madu yang ada di meja makan kita, bahkan sejak di sarang lebah pun, semut berupaya mengambilnya.

    dari keterangan para ahli dan buku tersebut nyatalah bagi kita bahwa semut menyukai madu dan "Terbantalah" pernyataan yang menyatakan bahwa semut tidak suka madu. Memang sering kita dapati semut tidak mau masuk ke dalam botol madu yang terbuka, itu bukan berarti semut tidak suka madu, akan tetapi lebih dikarenakan terjadinya "fermentasi" pada madu yang menimbulkan penguapan gas yang keluar dari dalam botol yang membuat mereka tertahan, namun lihat bila madu meluber dan jatuh di lantai semut akan mengerumuninya.

    ~madupramuka


      Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 10:59 pm